Pemprov-Sulteng ajak masyarakat pererat ukhuwah Islamiah

id Pemprov Sulteng ,Safari Ramadhan ,Kabupaten Banggai ,Ukhuwah Islamiyyah ,Bulan Ramadhan 1445 H,Sulteng

Pemprov-Sulteng ajak masyarakat pererat ukhuwah Islamiah

Kepala Diskominfo Santik Sudaryano R. Lamangkona menyerahkan bingkisan Ramadhan yang diterima langsung oleh Imam Mesjid Al-Ilham di Luwuk, Banggai, Senin (19/3/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulteng)

Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengajak masyarakat di Kabupaten Banggai untuk semakin mempererat ukhuwah Islamiah atau rasa persaudaraan antarsesama umat Islam pada momentum bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.
 
"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat, khususnya Jamaah Mesjid Al-Ilham untuk mempererat ukhuwah Islamiah dalam momentum Ramadhan 1445 Hijriah," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistika Provinsi Sulteng Sudaryano R. Lamangkona pada kegiatan Safari Ramadhan di Luwuk, Kabupaten Banggai, Selasa.
 
Pemprov Sulteng kembali melaksanakan Safari Ramadhan 1445 Hijriah yang mengusung tema “Dengan Ibadah Puasa Pada Bulan Suci Ramadhan, Kita Perkuat Ukhuwah Islamiah, Ukhuwah Wathaniah, dan Ukhuwah Insaniah menuju Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju".
 
Untuk itu, Sudaryano menyampaikan agar masyarakat dapat kembali memperkuat kohesi sosial dan rasa persaudaraan, persatuan serta kesatuan usai dilaksanakannya Pemilu 2024 di daerah itu.
 
Dia mengatakan apabila terjadi perbedaan, hal tersebut merupakan bunga-bunga demokrasi dan menandakan kualitas demokrasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah semakin baik yang ditandai dengan pencapaian Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Sulawesi Tengah sebesar 80,92 poin.
 
Bulan Ramadhan, kata dia, sebagai momentum untuk kembali merajut dan mempererat tali persaudaraan serta meredam perpecahan.
 
"Safari Ramadhan sebagai sarana untuk menjalin kedekatan dan memelihara silaturahim antara pemerintah, masyarakat, dan ulama. Bulan Ramadhan menjadi momentum untuk kita terus menyebarkan kebaikan dan keberkahan," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Pejabat Pemprov Sulteng yang tergabung dalam Tim Safari Ramadhan melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama masyarakat di Masjid Al-Ilham, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk.
 
Usai pelaksanaan shalat tarawih, Tim Safari Ramadhan menyerahkan bingkisan Ramadhan yang diterima langsung oleh Imam dan Ketua Tamir Masjid Al-Ilham.