Palu: Berbagai program pelayanan kesehatan masyarakat diluncurkan

id Dinkes Palu, Rochmat Jasin, Pemkot Palu, pelayanan kesehatan, kesmas, Sulteng

Palu: Berbagai program pelayanan kesehatan masyarakat diluncurkan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Rochmat Jasin Munawar saat menyampaikan arahannya pada kegiatan Seminar dan Konferensi Cabang (Konfercab) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Palu tahun 2023, Sabtu (18/2/2023). ANTARA/Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Dinas Kesehatan Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan, Pemkot setempat telah meluncurkan berbagai program dalam peningkatan pelayanan pada masyarakat di kota itu. 


 


"Kami telah meluncurkan berbagai program peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Palu," kata 


Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Rochmad Jasin Munawar saat menghadiri Seminar dan Konferensi Cabang (Konfercab) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Palu tahun 2023, Sabtu. 


 


Dia menjelaskan, pihaknya telah meluncurkan pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat di wilayah Kota Palu sebagai bentuk inovasi dalam mendukung program wali kota. 


 


Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat. 


 


Pelayanan kesehatan gratis tersebut, seperti "Jumat Palu Sehat" merupakan inovasi pihaknya dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar, guna mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia pada tiap kelurahan setiap hari Jumat. 


 


Selain itu, belum lama ini juga Pemkot Palu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) telah meluncurkan pelaksanaan "Kamis Palu ber-KB" dilaksanakan setiap hari Kamis pekan berjalan guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan KB.


 


Sehingga meningkatkan capaian peserta KB aktif dan peserta KB baru. Adapun ruang lingkup pelayanan Kamis Palu ber-KB ini meliputi komunikasi, informasi, dan edukasi atau konseling, dan pelayanan kb di setiap faskes secara gratis.


 


"Kamis Palu ber-KB menyasar pasangan usia subur (pus). Ini juga bertujuan untuk menurunkan tingkat kelahiran dengan cara penggunaan kontrasepsi secara berkelanjutan, sehingga meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pengendalian pertumbuhan penduduk Indonesia khususnya Kota Palu," ujarnya. 


 


Selain itu, terciptanya penduduk yang berkualitas, sumber daya manusia yang bermutu, dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. 


 


"Dengan adanya inovasi ini, masyarakat Kota Palu dapat memanfaatkan pelayanan-pelayanan ini dengan baik. Sehingga meningkatkan pelayanan kesehatan ibu, anak, dan lansia, meningkatkan peran serta masyarakat, dan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kegiatan-kegiatan lain yang menunjang peningkatan kemampuan hidup sehat," katanya. 


 


Dalam kesempatan itu, Kadinkes Kota Palu menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pengurus cabang ikatan apoteker Indonesia (IAI) Kota Palu yang telah menginisiasi pelaksanaan kegiatan seminar dan konferensi cabang (Konfercab) tahun 2023.


 


"Sebagaimana kita ketahui bersama, apoteker merupakan bagian dari masyarakat yang telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dalam bidang kefarmasian serta telah diambil sumpahnya untuk menggunakan ilmu yang telah diperoleh demi peningkatan kesehatan masyarakat," ujarnya.