Bangka Belitung dorong lulusan SMA lanjutkan pendidikan luar negeri

id Beasiswa ke luar negeri,Babel dorong lulusan SMA,lulusan SMA lanjutkan pendidikan luar negeri,lanjutkan pendidikan luar

Bangka Belitung dorong lulusan SMA lanjutkan pendidikan luar negeri

Pemprov Kepulauan Babel gelar sharing beasiswa batch 1 SDM Bangka Beliung Mengglobal di Pangkalpinang, Jum'at. (Aprionis/ANTARA)

Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung mendorong lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kami mendorong lulusan SMA memanfaatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi di luar negeri," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel Hervawi, saat menghadiri sharing beasiswa batch 1 SDM Bangka Beliung Mengglobal di Pangkalpinang, Jum'at.

Ia mengatakan kegiatan sosialisasi ini untuk memotivasi pelajar SMA, SMK hingga perguruan tinggi guna melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, meningkatkan APK Perguruan Tinggi yang masih cukup rendah.

"Jadi anak-anak muda Babel bisa melangkah ke luar negeri melalui beasiswa," katanya.


Menurut dia, banyak sumber-sumber dana beasiswa yang disiapkan Kemendikbudristek melalui Direktur LPDP.

"Ini yang kita sosialisasikan, khusus untuk beasiswa APBD 1, di antaranya bagaimana memperoleh beasiswa yang dibagi menjadi tiga, yakni beasiswa tidak mampu, berprestasi, dan disabilitas," katanya.

Sementara itu terdapat komunitas anak-anak muda dalam "Babel Around The World" yang terdiri dari 50 orang dan tersebar di 22 negara yang mendapatkan beasiswa di luar negeri.

"Mereka akan memberi materi juga bagaimana mendapatkan beasiswa ini termasuk beberapa perguruan tinggi luar negeri, jadi hari ini anak-anak Babel bisa dapat informasi lebih lengkap tentang beasiswa," katanya.

Ia menambahkan ke depan Pemprov akan berupaya mengadakan survei untuk anak-anak sekolah serta roadshow yang melibatkan perguruan tinggi untuk mencari informasi beasiswa dan kuliah.

"Survei untuk mengetahui anak-anak yang ingin berkuliah dan memiliki peminatan lainnya, kemudian kita bimbing melalui senior-senior mereka yang sudah menerima beasiswa untuk membagikan informasi dalam mencari beasiswa dan kehidupan disana," katanya.

Menurut dia berdasarkan anak-anak Babel yang mendapat siswa di luar negeri tidak susah untuk mendapatkan informasi terkait beasiswa.

"Jadi anak Bangka Belitung sebenarnya pintar-pintar untuk peluang kuliah di luar negeri, yang penting punya tekad dan semangat yang kuat untuk maju, insyaallah bisa," katanya.