Ribu umat Islam padati RTH Vatulemo gelar sholat Idul Fitri

id Idul Fitri,Lebaran,Rektor UIN Datokarama,Sagaf S Pettalongi,Idul Fitri 1444 Hijriah

Ribu umat Islam padati RTH Vatulemo gelar sholat Idul Fitri

Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (kanan) dan Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi usai pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di RTH Vatulemo Palu, Sabtu (22/4/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Puluhan ribu umat Islam di Kota Palu, Sulawesi Tengah memadati Ruang Terbuka Hijau (RTH) Vatulemo untuk melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal  1444 Hijriah Tahun 2023.  

Pemerintah Kota Palu menunjuk Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Profesor Sagaf S Pettalongi sebagai khatib pelaksanaan sholat Idul Fitri di RTH Vatulemo Palu, Sabtu. 

Puluhan ribu Umat Islam tersebut mengikuti hasil penetapan pemerintah mengenai 1 Syawal 1444 Hijriah yang jatuh pada hari Sabtu (22/4). 

RTH Vatulemo setiap tahun menjadi salah satu tempat pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palu bekerjasama Kemenag Palu serta Forkompimda terkait.

Pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di RTH Vatulemo dihadiri oleh Wali Kota Palu Hadianto Rasyid dan beserta seluruh kepala - kepala organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut. 

Profesor Sagaf mengemukakan Hari Raya Idul Fitri mengingatkan kepada Umat Islam bahwa Lebaran adalah momentum memperkuat solidaritas dengan sesama, setelah Umat Islam membangun hubungan intensif dengan Allah dan dengan sesama manusia selama bulan Ramadhan.

"Realisasi dari hubungan vertikal dan hotizontal itu dengan memupuk persaudaraan dan peduli kepada mereka yang membutuhkan," kata Sagaf Pettalongi.

Sagaf mengatakan bahwa Ramadhan telah mendidik Umat Islam untuk memperkuat kebersamaan, persaudaraan dan peduli. 

"Kebiasaan shalat berjamaah dan tarawih telah dapat menciptakan jiwa kebersamaan," ujarnya.

Jiwa kebersamaan merupakan modal dasar bagi persatuan dan kesatuan serta menjadi prasyarat bagi terbangunnya kehidupan bersama yang damai, harmonis, adil, aman dan damai.
Wali Kota Palu Hadianto Rasyid (kanan) dan Rektor UIN Datokarama Profesor Sagaf Pettalongi bersalaman dan saling memeluk usai pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 Hijriah di RTH Vatulemo Palu, Sabtu (22/4/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)