Mengupas Omoda 5, pesaing terdekat Hyundai Creta

id Omoda 5,chery,hyundai creta

Mengupas Omoda 5, pesaing terdekat Hyundai Creta

Omoda 5 tipe RZ. (ANTARA/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA) - Perang teknologi tidak hanya terjadi pada industri gawai dan elektronik lainnya, dalam industri otomotif hal itu juga terjadi, termasuk di pasar Indonesia jika menilik mobil-mobil terbaru yang meluncur belakangan ini.

Salah satu jenama otomotif asal China, Chery, yang membawa Omoda 5 masuk ke Indonesia pada awal tahun lalu, menghadirkan perubahan besar di tengah persaingan yang semakin ketat di industri ini.

Sebelum kembali masuk Indonesia pada 2022, Chery memang pernah mengibarkan "bendera putih" pada 2011 setelah tidak berhasil merebut simpati konsumen Indonesia sejak hadir pertama kali 2006.

Pada ajang pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu, Chery membawa segenap senjata baru termasuk Tiggo Series yang menjadi andalan mereka.

Tidak berselang lama, Chery menghadirkan Omoda 5 dengan segudang fitur dan teknologi yang bisa dikatakan sangat lengkap. Hal itu membuat persaingan di segmen lima penumpang untuk kelas Sport Utility Vehicle (SUV) ini menjadi sangat menarik.



Pesaing terdekat dari Omoda 5 sejauh ini adalah Hyundai Creta dan juga HR-V. Namun, jika dilihat dari sisi harga, pesaing terdekatnya adalah Hyundai Creta. Hyundai Creta yang memiliki banyak varian ini memiliki harga tertinggi Rp408,3 juta untuk varian Prime IVT.

Sedangkan Omoda 5, di Indonesia ditawarkan dengan harga Rp3,5 juta lebih murah. Untuk varian tertinggi Omoda 5, yakni RZ, dibanderol dengan harga Rp404.8 juta.

Meski memiliki harga yang cukup rendah dari Hyundai Creta, Omoda 5 ini menyajikan banyak keunggulan dari pesaing terdekatnya.

Tampilan luar dan dalam

Menyasar konsumen berusia 25 sampai dengan 45 tahun yang berpemikiran terbuka dan melek teknologi, Chery membuat Omdoa 5 sebagai kendaraan yang sangat menunjang gaya hidup para penggunanya.

Pada bagian luar, Omoda 5 terlihat sangat sporty dan agresif jika dibandingkan dengan kompetitornya. Desain grill yang terpasang pada mobil ini memberikan kesan mewah berkat penyematan ornamen berlian yang mereka sebut "One-piece diamond grille".

Mobil yang memiliki ukuran panjang 4.000 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.585 mm dan jarak sumbu roda 2.630 mm ini ditopang oleh velg berukuran 18 inci dengan ban berukuran 215/55 R18 yang semakin memberikan kesan gagah dan sporty.

Kesan mewah dan membanggakan juga disajikan berlanjut hingga bagian belakang, di mana mobil ini mempertontonkan desain futuristik yang elegan. Hal itu berkat hadirnya desain lampu yang terlihat pipih dan menyatu seakan menambah kesan yang lebar untuk kendaraan ini.

Omoda 5 sudah dibekali dengan penerangan yang menggunakan LED, seperti LED Split trapesium, lampu LED Daytime running berbentuk T, dan Lampu belakang LED Dinamis X–Trough.
 
Omoda 5 tipe RZ. (ANTARA/Chairul Rohman)
Beralih pada bagian dalam, ANTARA--yang diberikan kesempatan pertama untuk mencoba kendaraan ini selama tiga hari--merasakan kesan yang nyaman saat duduk di balik setir kemudi yang memiliki desain D.

Pada bagian itu pula, pengguna dapat melakukan berbagai hal melalui tombol-tombol yang tersedia yang memungkinkan pengemudinya lebih mudah mengoperasikan beberapa fungsi tanpa melepas tangan dari roda kemudi.

Desain sporty tidak hanya terfokus pada bagian luar, pada bagian dalam terutama pada bagian jok, insinyur yang mengembangkan produk ini sudah sangat tepat memadukannya dengan bahan berkualitas serta hadirnya ventilated yang membuat nyaman penggunanya.


Pada bagian layar, Omoda 5 telah dibekali dengan layar ganda berukuran 20,5 inci yang terhubung antara panel instrumen speedometer digital dan multimedia. Desain tersebut membuat mobil ini terlihat lebih futuristik dibandingkan dengan kompetitornya.

Pada bagian ini Hyundai Creta hanya memiliki ukuran head unit sebesar 8 inci, dan masih menggunakan tombol-tombol yang menonjol. Sedangkan Omoda 5, sudah menggunakan teknologi touch screen yang salah satu fungsinya untuk menghidupkan air conditioner (AC).



Selanjutnya, SUV andalan Chery ini juga memiliki tombol bulat yang persis berada di samping kiri pengemudi yang berfungsi untuk mengatur turun dan naiknya volume. Sehingga, pengemudi tidak perlu repot lagi untuk mengarahkan telunjuknya ke bagian head unit.

Pabrikan otomotif asal China ini memang tidak tanggung-tanggung dalam memberikan layanan teknologi dan fitur, mobil seharga Rp400 jutaan ini sudah memiliki fitur Intelligent Voice Assistant yang dapat membantu keperluan sang pengendara dan juga penumpang di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, mobil ini sudah membenamkan teknologi wireless charging with Phone Reminder, serta 8 speaker premium merek Sony untuk varian RZ. Omoda 5 juga sudah dibekali dengan Door Mirror Heating yang membuat penggunanya lebih jelas dan nyaman ketika melihat kaca spion meski berkendara di tengah hujan.

Satu lagi fitur mengesankan pada Omoda 5 adalah electric sunroof yang membuatnya menjadi lebih mewah ketika hendak digunakan.

Performa Untuk para pencinta kecepatan, mobil ini bisa menjadi salah satu pilihan, lantaran teknologi turbo yang disertakan di dalam mesin andalan Chery guna mendorong Omoda 5 bisa bersaing dengan Hyundai Creta di pasar Indonesia.

Omoda 5 mengusung mesin yang sangat bisa memberikan kepuasan berkendara untuk penggunanya. Catatan di atas kertas, mesin berkubikasi 1.500cc turbo yang dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT 9 percepatan ini mampu menyemburkan tenaga hingga 145 hp dengan torsi 230 Nm.



Hal itu menjadikan Omoda 5 lebih unggul dibandingkan dengan Hyudnai Creta. Hyundai Creta dalam catatannya menggunakan mesin Smartstream G1.5L MPI 4-silinder NA (naturally aspirated) yang hanya mampu mengeluarkan tenaga maksumum hanya 113 hp dengan torsi 143,8 Nm.

Ketika digunakan di dalam kota (uji kendara di Jakarta), Omoda 5 ini memberikan respons yang cukup baik. Omoda 5 juga sangat lincah pada saat diajak bermanuver, termasuk saat menyalip kendaraan lain terasa lincah sehingga membuat pengendara lebih percaya diri.

Fitur

Sebagai pemain baru, Omoda 5 di Indonesia dapat menjadi ancaman bagi pesaing di kelasnya. Omoda 5 memiliki bekal yang sangat cukup untuk bisa bersaing dan mengungguli para kompetitornya.

Fitur keselamatan yang sudah ditetapkan di negara-negara Eropa hingga Amerika Serikat juga sudah dituangkan ke dalam kendaraan ini melalui sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Dalam sistem ini, pengendara akan mampu lebih berhati-hati pada saat berkendara. Sistem ini mengusung lane departure warning (LDW), blind-spot detection (BSD), emergency lane keeping (ELK), rear cross traffic alert (RCTA).



Fitur ini juga sudah menyediakan adaptive cruise control (ACC) with low speed follow, front collision warning (FCW) with vehicle indentification, autonomous emergency braking (AEB), intelligent high-beam control headlamp (IHC), traffic sign recognition (TSR), car lead departure sign (CLDS), integrated cruise assist (ICA), hingga 360 HD panoramic camera yang dapat memudahkan pada saat bertemu dengan jalan yang sempit.
Untuk memberikan keselamatan kepada penggunanya, Omoda 5 juga sudah menyediakan berbagai fitur keselamatan mulai dari anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), hingga brake assist system (BAS) + brake priority system (BOS).

Tidak hanya itu saja, Omoda 5 juga sudah menghadirkan electronic stability program (ESP) + traction control (TCS), hill-start assist control (HAC) & hill descent control (HDC), tyre pressure monitoring system (TPMS), hingga auto central locking door. Sehingga, penggunanya merasa aman ketika menggunakan mobil tersebut.

Dengan beragam teknologi, fitur serta desain yang sangat membanggakan ini, Omoda 5 dibanderol Rp334.800.000 untuk tipe Z dan Rp404.800.000 untuk varian tertingginya yakni RZ.