Gubernur: Belitung Expo ajang promosi UMKM di internasional

id Belitung Expo,Belitung, gubernur Babel

Gubernur: Belitung Expo ajang promosi UMKM di internasional

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu (Diskominfo Babel)

Belitung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan Belitung Expo 2023 sebagai ajang promosi produk UMKM di Pulau Belitung ke kancah internasional.


"Saya berkomitmen akan terus memperkenalkan Belitung ke dunia," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat membuka Belitung Expo 2023 di Pantai Wisata Tanjung Pendam Belitung, Minggu.

Ia mengatakan Belitung Expo 2023 dalam rangka memeriahkan hari jadi 185 Tahun Kota Tanjung Pandan Tahun 2023 mengangkat tema “From Belitung To The World, Akhir Bersame, UMKM Berjaye” dimulai pada 1 - 5 Juli 2023 di Pantai Wisata Tanjung Pendam Belitung.

Expo Belitung tahun ini sebagai wadah untuk mengupgrade UMKM agar lebih berkualitas, mendapatkan sertifikat halal, izin Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI), serta mendukung pemanfaatan ekonomi ramah lingkungan.



"Belitung Expo ini merupakan kegiatan yang sangat membantu perekonomian dan membangun UMKM khususnya di Pulau Belitung," ujarnya.

Ia sangat senang dengan acara Belitung Expo ini, karena bisa membuat berkolaborasi antara UMKM satu dengan UMKM lainnya, karena dengan bersatu dan saling mendukung satu sama lain, maka seperti dari tema Belitung Expo hari ini, maka UMKM akan berjaye.

"Saya ingin memperkenalkan batu satam untuk menjadi cendera mata bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Belitung, dan akan dikemas menjadi suvenir yang cantik," katanya.

Menurut dia, saat ini Pemprov Kepulauan Babel berkolaborasi dengan media lokal dan nasional untuk membantu mempromosikan UMKM di Bangka Belitung hingga bisa sampai ke nasional maupun internasional.

Pada pembukaaan Belitung Expo 2023 juga hadir Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel, Maya Suganda Pasaribu, Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Babel, Ketua DPRD Kepulauan Babel, serta Forkopimda se-Kabupaten Belitung. ***1***