Pemkab Sigi dan Universitas Aziz Lamadjido kerja sama bangun SDM

id Pemkab Sigi,Universitas Azlam,Bupati Sigi,Mohamad Irwan,Pendidikan sigi,Sdm sigi

Pemkab Sigi dan Universitas Aziz Lamadjido kerja sama bangun SDM

Bupati Sigi Mohamad Irwan dan Rendy Lamadjido dari pihak Universitas Azlam foto bersama sambil memegang naskah MoU yang ditandatangani dua pihak tersebut. (ANTARA/HO-Dok Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi bekerja sama dengan Universitas Aziz Lamadjido (Azlam) Palu, Sulawesi Tengah bersama-sama membangun sumber daya manusia unggul di kabupaten setempat.

"Kerja sama ini sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Sigi, khususnya penyiapan generasi muda unggul di masa mendatang melalui pendidikan," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan di Sigi, Selasa.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan dan pihak Universitas Azlam.

Mohamad Irwan mengemukakan salah satu prioritas pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemkab Sigi yakni pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia unggul.

Ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan terampil, sebut dia, sangat menopang percepatan pencapaian target pembangunan, sekaligus mengeluarkan masyarakat dari ketertinggalan.

"Oleh karena itu, pendidikan menjadi instrumen penting dalam membangun sumber daya manusia unggul," ungkapnya.

Melalui kerja sama itu, ia berharap generasi muda di Sigi dapat mengenyam pendidikan tingkat strata satu di Universitas Aziz Lamadjido di Kota Palu.

Sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2022, Pemkab Sigi telah mengucurkan beasiswa sebesar Rp6 miliar lebih bagi 262 warga ekonomi menengah ke bawah dan berprestasi di Sigi yang mendapat bantuan tersebut. 

Dari total 262 warga tersebut, di dalamnya telah termasuk tujuh orang generasi muda yang menempuh pendidikan jenjang strata satu kedokteran.

Ia menjelaskan, anggaran beasiswa tersebut melekat pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi.

Pemkab Sigi juga memberikan beasiswa dan pemondokan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan. Berdasarkan data pemerintah setempat, sejak tahun 2017 - 2020 Dinas Pendidikan Sigi telah mengucurkan anggaran beasiswa senilai Rp578 juta lebih untuk 16 orang pemuda menimba ilmu di pondok pesantren.

Kemudian pada tahun 2021, Dinas Pendidikan Sigi mengucurkan beasiswa senilai Rp3,3 miliar untuk 294 pemuda mengenyam pendidikan dan pemondokan di pesantren.

Berikutnya tahun 2022, alokasi beasiswa dan pemondokan sebesar Rp2 miliar lebih untuk 132 orang pemuda di Sigi.

Sementara itu, Rendy Lamadjido selaku pihak Universitas Azlam berterima kasih kepada Pemkab Sigi yang telah bersedia melibatkan Universitas Azlam dalam membangun sumber daya manusia di Sigi.