Duta Besar RI ajak diaspora promosikan budaya Indonesia di Swedia

id KBRI Stockholm,Dubes Kamapradipta Isnomo,HUT RI,Diaspora Indonesia

Duta Besar RI ajak diaspora promosikan budaya Indonesia di Swedia

Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 di Swedia, Kamis (17/8/2023). (ANTARA/HO-KBRI Stockholm)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Swedia Kamapradipta Isnomo mengajak diaspora dan perantauan Indonesia di Swedia dan Latvia turut mempromosikan budaya dan nilai-nilai positif Indonesia kepada masyarakat kedua negara di mana mereka tinggal.

"Warga dan diaspora Indonesia di Swedia dan Latvia mesti terus menjaga hubungan erat dan saling mendukung satu sama lain," kata Kama pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Kama ingin masyarakat Indonesia di perantauan Swedia membangun jembatan persahabatan dan kerja sama yang lebih erat antar kedua negara.

Kama menyatakan nilai perdagangan kedua negara melebihi angka masa sebelum pandemi. Pada 2022, nilai perdagangan kedua negara mencapai 873,7 juta dolar AS (Rp13,4 triliun).

Dalam lima bulan pertama 2023 sampai Mei mencatat 426,3 juta dolar AS (Rp6,5 triliun) atau naik 34,69 persen dibandingkan lima bulan pertama 2022. Kama tak menyebutkan angka perdagangan Indonesia-Swedia selama masa pra-pandemi.

Upacara peringatan HUT RI ini sendiri  berlangsung di Wisma Duta KBRI Stockholm dan dihadiri para sesepuh dan tokoh masyarakat Indonesia yang tinggal di Stockholm dan sekitarnya.

Pada acara ini, seorang staf KBRI Stockholm mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya karena telah mengabdi selama 20 tahun.

Acara itu juga disemarakkan dengan pemberian tumpeng kepada sesepuh masyarakat Indonesia di Swedia, Judo Kusumowidagdo dan Sri Agoes, yang menjadi panutan masyarakat Indonesia di Swedia.