Dinas Pertanian beri edukasi budidaya Hidroponik ke napi di Lapas Kolonodale

id Dinas Pertanian,Morut

Dinas Pertanian beri edukasi budidaya Hidroponik ke napi di Lapas Kolonodale

Dinas Pertanian melalui Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) beri edukasi budidaya Hidroponik ke napi di Lapas Kolonodale, Rabu 11/10. ANTARA/HO/Humas Lapas Kolonodale

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Morowali Utara (Morut) mengunjungi  green house hidroponik Lapas kelas III Kolonodale yang dibudidayakan oleh narapidana, Rabu 11/10.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin PPL Dinas Pertanian dan Pangan Morut yang dilaksanakan sebulan sekali.

Saat di green house hidroponik PPL Dinas Pertanian memeriksa kondisi tanaman dan pH air guna memastikan sesuai dengan kebutuhan tanaman sehingga penyerapan nutrisi dan air dapat optimal. 

Tidak hanya itu, PPL Dinas Pertanian juga menanyakan terkait kendala yang dihadapi warga binaan pembinaan kemandirian hidroponik dalam proses pembudidayaan.

Ia juga mengedukasi dan menyarankan kepada warga binaan agar memakai pembasmi hama dengan bahan bahan alami.

"Hama spider mite cukup berbahaya bagi tanaman karena dapat mengakibatkan daun menjadi kering dan mati hal ini sangat merugikan tentunya. Namun untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan membuat cairan dari bahan alami, "Ucap Inriati salah satu PPL

“Cairan alami tersebut dapat kita buat dari air rebusan tembakau yang kemudian difermentasi dengan campuran alkohol, setelah itu cairan tersbut dapat kita semprotkan ke tanaman yang dihinggapi spider mite. Untuk waktu penyemprotan dapat dilakukan pada sore hari,"  Tambahnya.

Tidak hanya itu, PPL dari Dinas Pertanian dan Pangan Morut juga memberikan bantuan bibit tomat dan timun untuk warga binaan. 

“Mewakili pimpinan kami mengucapkan terima kasih atas perkenannya bapak dan ibu penyuluh yang telah menyempatkan waktu memberikan kami edukasi terkait penanganan hama dan memberikan bantuan bibit tomat dan timun. Kami berharap silaturahmi dan sinergitas ini dapat terus berjalan dengan baik," jelas Kasubsi Pembinaan Lapas Kolonodale Asis Hi Bahar.