UIN Datokarama Palu beri beasiswa kepada mahasiswa penghafal Al Quran

id uin palu,uin datokarama,doktor faisal attamimi,wakil rektor kemahasiswaan,beasiswa penghafal quran

UIN Datokarama Palu beri beasiswa kepada mahasiswa penghafal Al Quran

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mampu menghafal Al Quran, sebagai bentuk penghargaan dan motivasi bagi mahasiswa, sekaligus meringankan beban mahasiswa dalam menempuh pendidikan jenjang strata satu.

"Mahasiswa yang mampu menghafal Al Quran adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan khusus dan tersendiri, yang harus diberikan perhatian penuh," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Doktor Kiai Haji Faisal Attamimi, di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu.

Mahasiswa yang menghafal Al Quran diberikan beasiswa mulai dari Rp4 juta hingga Rp16 juta. Bagi mahasiswa yang menghafal lima juz Al Quran untuk angkatan masuk 2022 menerima beasiswa senilai Rp4 juta, sementara untuk angkatan 2023 menerima Rp4,2 juta/orang.

Mahasiswa yang menghafal lima juz Al Quran hanya sekali menerima beasiswa penghafal Al Quran.

Berbeda dengan mahasiswa yang menghafal 10 juz Al Quran, mereka menerima beasiswa Rp4 juta/orang/tahun untuk angkatan 2022 dan Rp4,2 juta/orang/tahun untuk angkatan 2023. Mereka menerima beasiswa atau bantuan dana tersebut sebanyak dua kali terima atau dua tahun.

Dengan demikian, bagi mahasiswa yang menghafal 10 juz Al Quran untuk angkatan 2022 akan menerima beasiswa sebanyak Rp8 juta/dua tahun, dan Rp8,4 juta/dua tahun bagi mahasiswa angkatan 2023.

Berikutnya mahasiswa yang menghafal 20 Juz Al Quran, diberikan beasiswa sebanyak Rp4,2 juta/orang/tahun. Mahasiswa yang menghafal 20 juz Al Quran akan menerima beasiswa tersebut sebanyak tiga kali atau tiga tahun. Dengan demikian total beasiswa yang diterima Rp12,6 juta selama tiga tahun/orang.

Sementara untuk mahasiswa yang mampu menghafal 30 juz Al Quran diberikan beasiswa sebesar Rp4 juta berlaku empat tahun. Artinya, beasiswa yang diterima selama empat tahun yakni Rp16 juta/orang penghafal 30 Juz.

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir telah mengeluarkan keputusan nomor 508 tahun 2023 tentang Penerima Beasiswa Tahfidz Al Quran. Dalam keputusan menetapkan 28 orang mahasiswa sebagai penerima beasiswa tahfidz quran untuk hafalan lima juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Sebanyak 28 orang mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), Fakultas Syariah, dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI).