Pelni Palu ajak masyarakat beli tiket di tempat resmi cegah penipuan

id PT Pelni,Mudik periode Natal dan Tahun Baru,Cegah penipuan ,Beli tiket di tempat resmi,Palu ,Sulteng

Pelni Palu ajak masyarakat beli tiket di tempat resmi cegah penipuan

Salah seorang calon pemudik membeli tiket keberangkatan di loket PT Pelni di Kantor PT Pelni Cabang Palu, Kota Palu, Kamis (14/12/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Palu, Provinsi Sulawesi Tengah mengajak masyarakat membeli tiket di tempat resmi untuk mengantisipasi penipuan atau tiket palsu saat arus mudik dan balik periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).
 


"Kami mengajak kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik pada periode Nataru ini untuk melakukan pembelian tiket di tempat-tempat resmi dan tidak membeli kepada calo," kata Kepala PT Pelni Cabang Palu St Nafillah di Palu, Sulteng, Jumat.


 


Ia mengatakan calon penumpang dapat membeli tiket melalui laman resmi pelni.co.id, aplikasi Pelni Mobile, atau secara langsung pada loket penjualan di kantor cabang BUMN itu, agen perjalanan resmi yang bekerja sama dengan pihaknya serta gerai ritel modern Alfamidi dan Indomaret.


 


Ia pun meminta calon penumpang agar menghindari membeli tiket melalui calo, iklan di media sosial hingga pembayaran dengan transfer ke rekening pribadi.


 


"Kami juga mengimbau kepada calon penumpang untuk membeli tiket kapal dari jauh hari, dikarenakan sudah masa liburan sehingga banyak yang akan menggunakan jasa transportasi laut sementara jumlah kapasitas penumpang terbatas," katanya.


 


Menurut dia, pembelian tiket angkutan PT Pelni saat ini sudah bisa diakses lebih mudah oleh calon penumpang, dengan hadirnya aplikasi resmi yakni Pelni Mobile.


 


Pelni mobile adalah aplikasi resmi yang disediakan oleh PT Pelni bagi penumpang yang ingin mengecek jadwal kapal, membeli tiket kapal, reservasi muatan, serta kemudahan lainnya dalam satu aplikasi saja. 


 


"Dengan membeli tiket secara online atau daring melalui aplikasi Pelni Mobile, atau pun melalui laman resmi PT Pelni, hal ini dapat membantu dalam mengurangi penumpukan antrian di loket-loket penjualan tiket offline," katanya.


 


Lanjut dia, untuk angkutan mudik periode Nataru, pihaknya menyiapkan tiga armada kapal, yakni KM Labobar, KM Lambelu dan satu kapal yang merupakan armada tambahan, yakni KM Tidar yang akan bersandar di Pelabuhan Pantoloan Palu.


 


Nafillah menuturkan operasi angkutan Nataru dari PT Pelni telah dimulai sejak tanggal 11 Desember 2023, dan akan berlangsung hingga tanggal 8 Januari 2024.


 


"Kami perkirakan untuk puncak arus mudik periode Nataru di Pelabuhan Pantoloan sendiri akan berlangsung pada tanggal 24 Desember 2023 dengan rute tujuan Balikpapan - Surabaya," kata Nafillah.


 


Terakhir, dia mengimbau para calon penumpang untuk memperhatikan keselamatan dan barang berharga saat melakukan perjalanan mudik.