Menhub tekankan aspek keselamatan perkeretaapian

id Kemenhub,Perkeretaapian

Menhub tekankan aspek keselamatan perkeretaapian

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) saat berinteraksi dengan masyarakat di sela kunjungan kerja ke Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (21/1/2024). ANTARA/HO-Kemenhub.

Jakarta (ANTARA) -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan bahwa aspek keselamatan adalah hal utama yang harus diperhatikan di sektor perkeretaapian oleh seluruh pemangku kepentingan.
 
“Hari ini kami membahas bersama-sama melibatkan unsur terkait, untuk mengevaluasi dan mengupayakan perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan semua pihak. Saya menekankan bahwa nomor satu adalah safety,” kata Menhub usai rapat koordinasi bidang perkeretaapian di Stasiun Surabaya Gubeng, Jawa Timur, Minggu.
 
Menhub menyampaikan, beberapa waktu belakangan terjadi sejumlah kejadian kecelakaan di sektor perkeretaapian di antaranya yaitu kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya, KA Pandalungan yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, dan kejadian di perlintasan sebidang di sejumlah daerah seperti Klaten, Banyuwangi, dan Tebing Tinggi.
 
Dalam rakor yang dihadiri Ditjen Perkeretaapian, PT KAI, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), dan Pemerintah Daerah di Jawa Timur tersebut Menhub menegaskan, pemerintah bersama segenap pemangku kepentingan berkomitmen penuh menjaga keselamatan perkeretaapian dan menjaga kepercayaan masyarakat, khususnya pengguna setia atau pecinta kereta api.
 
“Kami akan terus melakukan upaya-upaya perbaikan agar masyarakat merasa aman dan nyaman menggunakan kereta api,” ujarnya.
 
Adapuns ejumlah langkah disiapkan Kemenhub untuk meningkatkan aspek keselamatan perkeretaapian. Di antaranya yaitu terus melakukan pembangunan jalur ganda dan peningkatan kualitas jalur kereta sesuai standar track quality index (TQI) kategori 1 dan 2 hingga 94 persen dari total keseluruhan jalur kereta api di Indonesia pada tahun 2024.
 
Serta, mengevaluasi sistem persinyalan dan menjalankan penyelenggaraan operasional kereta api sesuai dengan standard operational procedure (SOP) yang telah ditetapkan.
 
Selain itu, Kemenhub juga terus berupaya menangani perlintasan sebidang dengan melibatkan sejumlah pihak seperti Kementerian PUPR, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan terkait
 
Sementara itu, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menyampaikan pada umumnya di sistem perkeretaapian sudah berjalan dengan baik.
 
Menurut dia, beberapa tahun ini tingkat kecelakaan di kereta api sudah sangat rendah.
 
"Tapi tetap kita melihat masih ada kekurangan-kekurangan, yang bersama-sama kita lakukan peningkatan-peningkatan yang bersifat mendasar terkait aspek keselamatan," katanya.