Pembukaan Sail Morotai Meriah

id sail morotai, pembukaan, laut

Pembukaan Sail Morotai Meriah

Kapal perang TNI AL dan kapal perang sejumlah negara tetangga melakukan gladi bersih parade kapal perang di bibir pantai desa Juanga, Morotai, Maluku Utara, Jumat (14/9). (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Daruba, Morotai - Ribuan warga di Kota Daruba, ibukota Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), Sabtu, antusias memenuhi sepanjang Jalan Mc Arthur hingga jalan menuju Desa Juanga tempat pembukaan Sail Morotai.

Kehadiran ribuan warga yang ingin menyaksikan pembukaan Sail Morotai oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Desa Juanga bisa terlihat di sudut Kota Daruba.

Warga bukan saja datang dari lima kecamatan di Kabupaten Pulau Morotai, tetapi juga berasal dari berbagai Kabupaten Halmahera Utara yang sejak dua hari lalu datang ke Morotai khusus untuk menyaksikan acara puncak pembukaan Sail Morotai itu.

"Saya bersama keluarga sejak kemarin telah tiba di Kota Daruba, kehadiran kami ini untuk melihat langsung acara puncak Sail Morotai yang berlangsung di Desa Juanga," kata salah seorang warga dari Desa Sopi, Kecamatan Morotai Jaya, Wahyu.

Ia mengaku, datang bersama keluarganya menggunakan truk ke Kota Daruba yang harus ditempuh puluhan kilometer dengan jalan yang terjal dan berliku, namun tidak menciutkan semangatnya untuk melihat langsung acara puncak Sail Morotai.

Menurut dia, kendati tidak diizinkan masuk dalam arena pembukaan acara puncak Sail Morotai, namun dirinya telah senang kalau Morotai dijadikan sebagai kegiatan nasional tersebut.

Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Rusli Sibua ketika dihubungi mengatakan, acara puncak Sail Morotai ini selain disaksikan oleh ribuan warga yang datang dari Kabupaten Pulau Morotai dan Kabupaten Halmahera Utara, nampak juga ratusan masyarakat dari sembilan kabupaten/kota di Malut juga menyempatkan diri hadir di acara ini.

"Sebagai tuan rumah, saya bersyukur acara puncak Sail Morotai yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dapat berjalan sukses," katanya.

Kehadiran Presiden di Kabupaten Pulau Morotai membuat sejumlah aktivitas di kabupaten itu harus tertunda, salah satunya pelayaran dari Kabupaten Pulau Morotai ke Kabupaten Halmahera Utara dihentikan sementara hingga acara puncak Sail Morotai berakhir. (KR-AF)