11 Peserta OPA DSLNG dipastikan sudah bekerja sebagai operator LNG

id Donggi Senoro LNG, DSLNG, OPA 2023, Banggai, migas

11 Peserta OPA DSLNG dipastikan sudah bekerja sebagai operator LNG

Delapan peserta program OPA 2023 saat mengabadikan momen bersama perwakilan PT DSLNG dan Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Banggai pada acara Closing Ceremony di Swissbelin Luwuk, Senin 19 Februari 2024. ANTARA/ Stepensopyan Pontoh

Luwuk, Banggai (ANTARA) - PT Donggi Senoro LNG (DSLNG) berhasil melaksanakan program Operator Program Apprenticeship (OPA) hingga mengantarkan para peserta bekerja di kilang LNG.
 
Itu disampaikan Betantyo Madyantoro, Operation Director DSLNG mengatakan bahwa hingga saat ini program OPA sudah dilaksanakan sebanyak 3 kali berturut. Di mulai sejak tahun 2021 hingga 2023, program OPA berhasil mengantarkan 11 dari 20 peserta OPA bekerja sebagai operator LNG.
 
"Lima dari mereka sudah aktif bekerja sebagai operator apprentice, sementara 6 lainnya masih berstatus On The Job training. Mereka yang sudah bekerja tentunya diterima dengan beragam tes atas kemampuannya di bidang operator LNG," kata Betantyo via zoom meeting dari Jakarta.
 
Ia menjelaskan dengan program OPA, DSLNG berharap dapat membantu para pemuda Kabupaten Banggai untuk dapat menjadi pekerja migas, khususnya di bidang operator LNG. 
 
"Ini juga merupakan bagian dari harapan kami untuk dapat berkontribusi langsung dalam pembangunan daerah," sebutnya.
 
Betantyo mengungkapkan bahwa pada program OPA sebelumnya, karena kebutuhan bisnis, maka PT Donggi Senoro LNG melakukan percepatan penyelesaian program pada OPA 2021 dengan 6 peserta dan OPA 2022 juga 6 peserta, ditunaikan hanya 9 bulan dari rencana awal akan dilangsungkan selama 12 (dua belas) bulan. Sementara, untuk 8 peserta OPA tahun 2023 dijalankan sesuai rencana, yakni 12 (dua belas) bulan. 
 
"Oleh karena itu, dengan berakhirnya program ini, kami berharap peserta magang menjadi terlatih serta terampil dan akan siap memasuki dunia kerja khususnya di industri minyak dan gas," ucap Betantyo.
 
Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaeni Mustatim mengungkapkan bahwa OPA merupakan program ketiga tahun berturut sejak tahun 2021 yang dilaksanakan PT Donggi Senoro LNG.
 
"DSLNG ini sangat kooperatif dalam koordinasi kepada kami terkait bagaimana program mulai dari pembekalan teori dan praktek di lapangan berdasarkan Permenaker," kata Ernaeni Mustatim dalam sambutan Closing Ceremony Operator Program Apprenticeship (OPA) 2023.
 
Ia pun mengapresiasi apa yang sudah dilaksanakan oleh DSLNG, terlebih beberapa peserta OPA sejak 2021 sudah bekerja sebagai operator LNG. Ernaeni juga mengatakan bahwa DSLNG menjadi salah satu perusahaan terbaik yang mampu membantu daerah dari sisi perekonominomian hingga tenaga kerja.
 
"Kami juga berharap ke depannya DSLNG bisa berpartisipasi langsung pada kegiatan Job Fair yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banggai," harapnya.
 
Diketahui, program OPA ini dikembangkan bersama-sama antara Divisi Sumber Daya Manusia dan Divisi Operasi di PT DSLNG. Dalam pelaksanaannya, PT Donggi Senoro LNG bekerjasama dan berkolaborasi dengan PPSDM Migas Cepu yang telah terakreditasi dan tersertifikasi dalam melaksanakan pelatihan serta juga bekerja sama dengan Lembaga Bahasa English First, dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.

Dengan pola kerjasama ini, program ini didukung oleh tenaga pelatih dan pembimbing yang telah berpengalaman dan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik.