UIN Datokarama-BDK Manado sinergi tingkatkan kapasitas ASN PPPK

id uin palu,uin datokarama,asn berakhlak,asn uin palu,pppk uin palu

UIN Datokarama-BDK Manado sinergi tingkatkan kapasitas ASN PPPK

ASN PPPK UIN Datokarama (ANTARA/HO-Kiswanto)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bersinergi dengan Balai Pendidikan dan Pelatikan Keagamaan (BDK) Manado, Sulawesi Utara, untuk meningkatkan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Tentu kami UIN Datokarama berterima kasih kepada BDK Manado, yang telah bersedia membina ASN PPPK kami
 untuk meningkatkan kapasitas PPPK," kata Plt Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (BAUPK) UIN Datokarama, Raodhah S.Ag, M.Pd.I, di Palu, Kamis.

Melalui sinergi tersebut, sebanyak 41 orang ASN PPPK UIN Datokarama mengikuti orientasi di Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan di Manado. 

ASN PPPK UIN Datokarama yang mengikuti orientasi terbagi dalam lima gelombang. Gelombang satu terdiri sembila orang dan gelombang dua hingga lima tDrdiri delapan orang.

Selama mengikuti orientasi tersebut, 41 ASN PPPK UIN Datokarama disuguhkan dengan berbagai materi meliputi, pengenalan struktur organisasi Kementerian Agama, pengenalan managemen kinerja organisasi, pengenalan jabatan, pengembangan sumber daya manusia, tugas dan fungsi ASN, dan penguatan moderasi beragama/pembangunan bidang keagamaan.

ASN PPPK UIN Datokarama dalam orientasi itu juga ditingkatkan pemahamannya tentang core values ASN BerAKHLAK yang diinternalisasikan ke dalam budaya kerja Kementerian Agama.

Raodhah meminta kepada ASN PPPK UIN Datokarama yang telah mengikuti orientasi agar benar - benar memahami core values ASN BerAKHLAK meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Semangat dari penyeragaman core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya kerja sesuai core values menjadi mindset seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya," sebutnya.

Core values ASN BerAKHLAK adalah berorientasi pelayanan yaitu menunjukkan komitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat. Akuntabel artinya bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan. Kompeten artinya ASN akan terus belajar dan mengembangkan kapabilitas. Harmonis menunjukkan adanya saling peduli dan menghargai perbedaan. Loyal mencerminkan dedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Adaptif berarti sikap yang terus berinovasi dan antusias dalam menggerakan ataupun menghadapi perubahan . Terakhir adalah kolaboratif yang artinya ASN harus dapat membangun kerjasama yang sinergis. sendiri Ke depannya diharapkan mindset ASN berubah.

Harapan untuk seluruh ASN adalah untuk memahami dan menyelaraskan perilaku sesuai dengan  Core Values ASN mengacu kepada panduan perilaku yang sudah ditetapkan.