Pemkab dan Polres Poso mengecek SPBU untuk jaga kamtibmas

id Kabupaten Poso,Sulawesi Tengah ,SPBU ,Ramadhan 2024,Jelang mudik

Pemkab dan Polres Poso mengecek SPBU untuk jaga kamtibmas

Polres Poso bersama Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso melakukan pengecekan SPBU di kabupaten itu menjelang mudik lebaran Idul 2024. (ANTARA/HO-HUMAS Polres Poso)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan dengan Polres setempat melaksanakan sidak di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Kabupaten Poso untuk menjaga situasi kamtibmas menjelang mudik Idul Fitri 2024.
 


"Pengecekan atau sidak ini merupakan bagian dari upaya pihak kepolisian bersama dengan unsur terkait dalam memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik saat melakukan perjalanan, serta untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal di sepanjang perjalanan mudik," kata Kasat Reskrim Polres Poso Iptu Salman Putra Pratama di Poso, Minggu.


 


Dia mengemukakan pengecekan itu dilakukan guna mengantisipasi adanya gangguan kamtibmas menjelang mudik lebaran serta untuk mengawasi kemungkinan adanya kecurangan yakni campuran bahan bakar minyak dengan air.


 


"Kita mengantisipasi jangan sampai adanya kecurangan seperti di Bekasi belum lama ini bahan bakar minyak dicampur dengan air, dan dari hasil kegiatan pengecekan tidak ditemukan adanya tindakan kecurangan di SPBU yang diperiksa. Seluruh kegiatan berjalan dengan aman dan lancar," ucapnya.


 


Sementara itu Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kabupaten Poso mengapresiasi terkait kerja sama antara Polres Poso dengan pihak terkait dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah tersebut. 


 


Disperindag setempat menuturkan pentingnya kerja sama lintas sektor dalam menjaga keamanan dan kelancaran arus mudik Idul Fitri 2024.


 


"Dengan berbagai upaya preventif yang dilakukan, diharapkan pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua pemudik. Dinas terkait dengan kepolisian akan terus melakukan pengawasan dan pengecekan untuk memastikan situasi kamtibmas tetap terjaga dan kondusif menjelang dan selama pelaksanaan mudik Lebaran," tutur dia.