Parimo Libatkan Rusia Gelar `Fashion Carnival`

id tomini

Parimo Libatkan Rusia Gelar `Fashion Carnival`

DOKUMEN-- Festival Pesona Teluk Tomini Kostum Karnaval (carnaval fhasion) bermotif ikan dari Kecamatan Moutong yang diperagakan seorang gadis mendapat sambutan meriah pada acara puncak FPTT di Parigi, sabtu (22/10) (Foto antara / rolex malaha)

Parigi Moutong,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, melibatkan seniman asal Rusia pada penyelenggaraan Tomini Fashion Carnival yang akan digelar pada puncak Festival Pesona Teluk Tomini (FPPN), 9 April 2017.

Kepala Dinas Pariwisata Parigi Moutong Hamka Lagala di Parimo, Senin, menyatakan Tomini Fashion Carnaval atau parade pakaian khas daerah tersebut merupakan promosi budaya daerah kepada wisatawan mancanegara.

Karnaval ini akan diikuti peserta dari seluruh kecamatan di Parigi Moutong yang akan menampilkan busana adat yang dirancang sesuai kakayaan budaya dan potensi daerah masing-masing.

Hamka menyebut wisawatan dari Rusia akan ikut menampilkan pakaian adat atau pakaian khas Rusia pada karnaval yang direncanakan dihadiri banyak wisatawan domestik dan mancanegara itu.

"Sejumlah wisawatan dari berbagai negara akan mengikuti parade pada tanggal 9 April, mereka akan mengenakan pakaian khas dari negara mereka masing-masing," ujarnya.

Ia menguraikan kedatangan seniman dan wisatawan Rusia ke Indonesia ditangani langsung Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mulai dari transportasi sampai akomodasi. Sementara perjalanan mereka dari Jakarta ke Parigi ditanggung oleh Pemkab Parimo.

Selain Rusia, kata dia, Pemkab Parimo juga melibatkan seniman dan wisatawan dari Kota Malang, Jawa Timur.

Palu, 3/4 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong menargetkan 40.000 kunjungan wisatawan wisnus tahun 2017, untuk mendukung target kunjungan wisnus nasional.

Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, kembali akan menggelar iven wisata tahunan bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPPT).

Perhelatan akbar wisata ini akan dipusatkan di eks lokasi Sail Tomini, Dusun Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, sekitar 75 kilometer dari Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, 1-9 April 2017.

Rangkaian kegiatan FPTT 2017 adalah sebagai berikut.

Tanggal 01 April, Lomba Lari EQUATOR 10 KM, Tempat Tugu Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan. Diikuti kurang lebih 1.516 peserta, pelari mancanegara 31 orang, pelari nasional 115 orang, pelari tingkat pelajar Se-Sulawesi Tengah 1.370 orang.

Tanggal 03 April, Pelepasan lomba perahu layar jarak tempu 350 km. Star dari Kecamatan Moutong, perbatasan dengan Provinsi Gorontalo dan finish di Pantai Dusun Kayu Bura pada 9 April

Tanggal 04 April, Pembukaan Festival Musik Teluk Tomini Gendre Dangdut, Pop dan Rock, tempat di Eks Lokasi Sail Tomini Kayu Bura.

Tanggal 6-7 April, lomba grup band se-Sulawesi.

Tanggal 07 April, Jalan Santai Massal dan Talk Show dalam rangka mendukung Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat).

Tanggal 08 April, Pembukaan Festival Kuliner, pameran kerajinan rakyat dan lomba lukis.

Tanggal 09 April, Acara Puncak FPTT 2017 sekaligus pergelaran Tomini Fashion Carnival yang akan diramaikan peserta grand show dari Kota Malang dan dari mancanegara.