Bupati-Sigi ajak masyarakat amalkan nilai pengorbanan dan ketaatan

id Lebaran Kurban,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Idul Adha ,Lebaran Haji

Bupati-Sigi ajak masyarakat amalkan nilai pengorbanan dan ketaatan

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta (tiga kiri) saat menyerahkan secara simbolis hewan kurban ke pengurus masjid Alkhairaat Kotarindau Dolo. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat dan pimpinan perangkat daerah di wilayah itu untuk mengamalkan nilai pengorbanan dan ketaatan.

"Hari ini semua umat Islam melaksanakan Shalat Idul Adha dan ibadah haji di Makkah," kata Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta usai penyerahan hewan kurban di Masjid Alkhairaat Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Senin.
 
Ia mengemukakan pelaksanaan lebaran Idul Adha tahun 2024 ini tentunya dapat saling menguatkan rasa silaturahim antarmanusia.
 
"Tiga nilai yang bisa dipetik dalam pelaksanaan Idul Adha kali ini yaitu nilai pengorbanan dari Nabi Ibrahim, nilai ketaatan dan nilai silaturahim," ucapnya.
 
Dia menjelaskan masyarakat dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Sigi harus memberikan ketaatannya kepada sang penciptanya.
 
"Memang nilai ketaatan ini berat, tetapi ini sudah merupakan kewajiban seluruh manusia, " ujarnya.
 
Adapun lebaran Idul Adha tahun ini pemerintah Kabupaten Sigi menyalurkan 11 ekor sapi ke beberapa kecamatan.
 
"Ada 11 ekor sapi hewan kurban kami sebar di Kabupaten Sigi ke masjid, yayasan dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda)," sebutnya.
 
Nantinya untuk distribusi daging hewan kurban itu tidak menggunakan kantongan plastik.
 
"11 ekor sapi ini pendistribusiannya ke Kecamatan Sigi Biromaru, Dolo, Kinovaro, dan Sigi Kota dengan tidak menggunakan bahan plastik sebagai tempatnya," tuturnya.
 
Hadir dalam penyerahan hewan kurban itu yaitu Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta, Wakapolres Sigi Kompol Sulardi, para kepala-kepala dinas, dan unsur Forkopimda lainnya.