PPIH Sulteng: Jamaah haji kloter BPN-11 tiba di Kota Palu

id PPIH Sulteng ,Jamaah haji Sulteng ,Haji 2024,Jamaah haji kloter BPN-11,Sulawesi Tengah

PPIH Sulteng: Jamaah haji kloter BPN-11 tiba di Kota Palu

Ilustrasi - Jamaah haji Sulteng kloter BPN-9 tiba di Asrama Haji Transit Palu, di Palu, Selasa (9/7/2024). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengatakan jamaah haji asal provinsi ini yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 11 Embarkasi Balikpapan (BPN-11) telah tiba dengan selamat di Kota Palu.
 


"Alhamdulillah, jamaah haji telah mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji dengan sangat baik dan juga kerja sama dan koordinasi antar petugas yang baik, dan lancar," kata perwakilan PPIH Sulteng Ratna Mutmainnah di Palu, Jumat.


 


Ia mengatakan jamaah kloter BPN-11 Sulteng berjumlah sebanyak 323 orang, yang berasal dari Kota Palu, Kabupaten Banggai, Buol, Morowali, Donggala dan Banggai Laut.


 


Ratna menjelaskan penerbangan jamaah kloter BPN-11 dari Balikpapan menuju Palu terbagi atas dua trip, dengan trip satu berjumlah 162 orang asal Kabupaten Banggai yang tiba pada Jumat (11/7) pagi, dan dilanjutkan trip dua dengan jamaah sebanyak 161 orang.


 


Sementara itu, jamaah haji asal Banggai akan berangkat besok (13/7) pagi menggunakan pesawat untuk kembali ke daerah asal sehingga parah jamaah masih akan bermalam di asrama Haji Transit Palu.


 


Adapun, jamaah haji asal Kabupaten Buol berjumlah 47 orang langsung melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke daerah asal pada Jumat (12/7) sore.


 


Ia berharap jamaah haji yang telah kembali ke Tanah Air setelah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci agar mendapatkan haji mabrur, selalu menjaga kesehatan serta selamat sampai ke daerah asal masing-masing.


 


Adapun jadwal pemulangan jamaah haji Sulteng ke Tanah Air akan berlangsung sampai tanggal 14 Juli 2024. Jamaah haji Sulteng yang diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 2.095 orang, namun lima orang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji.


 


Salah satu haji asal Kabupaten Buol, Syahrudin Kaloi mengatakan bahwa pelayanan haji yang dilaksanakan oleh Kemenag Sulteng selama di tanah suci sangat baik


 


"Sangat baik, terutama dari segi makanan dan pelayanan kesehatan bagus," ujarnya.


 


Menurut dia, apabila ada jamaah yang sakit, petugas kesehatan langsung mengunjungi ke kamar dan rutin mengunjungi jamaah haji lansia.