Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort

id Gp belanda 2024,gp belanda,grand prix belanda 2024,f1 2024,f1,Max verstappen

Statistik Grand Prix Belanda di Zandvoort

Max Verstappen dari Red Bull Racing asal Belanda berkendara saat sesi latihan jelang Grand Prix Formula Satu Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps di Spa, pada 26 Juli 2024. ANTARA/AFP/John Mu/pri. (AFP/JOHN THYS)

Jakarta (ANTARA) - Setelah jeda musim panas, rangkaian balapan Formula 1 musim 2024 akan berlanjut di Sirkuit Zandvoort untuk Grand Prix Belanda yang bergulir pada 23-25 Agustus.

Dikutip dari statistik resmi, Rabu, Zandvoort merupakan salah satu sirkuit yang paling menantang di kalender tahunan Formula 1.

Zandvoort memiliki lintasan yang sempit dengan jalanannya yang pendek, sehingga memberikan nilai tambah bagi hiburan para penonton dan pembalap di balik kemudi. Selain itu, terdapat cukup banyak jebakan kerikil di sirkuit sehingga pembalap harus mengurangi kesalahan sendiri.

Sirkuit ini memiliki Tikungan 1 dan Tikungan 7 yang menjadi ciri khas bagi para pembalap dan penggemar. Tikungan 1 dijuluki sebagai "Tarzan Corner", sementara Tikungan 7 dijuluki "Scheivlak".

Julukan tersebut mengacu pada mitologi atau cerita populer di area lintasan tersebut. Julukan Tikungan 1 disebut berasal dari cerita seorang petani Belanda yang dijuluki "Tarzan", menolak menjual kebun tomatnya untuk digunakan sebagai lintasan kecuali salah satu tikungannya diberi nama atas dirinya.

Sementara, "Scheivlak" adalah kata dalam bahasa Belanda yang secara kasar diterjemahkan "perbatasan". Sebelum pembangunan lintasan, area ini menandai sisi mana yang merupakan lahan publik atau pribadi.



Selain itu, ada Tikungan 3 dan Tikungan 14 yang juga menuntut keandalan dan kecepatan para pembalap untuk meraih kemenangan di Zandvoort.

Sirkuit Zandvoort
Panjang lintasan: 4,259 km
Rekor lap: 1:11,097 (Lewis Hamilton, Mercedes, 2021)
Jarak balapan: 72 putaran atau 306,648 km
Pemenang GP Belanda 2023: Max Vertsappen (Red Bull)
Pole position 2023: Max Verstappen

Verstappen sepertinya berusaha untuk mengulangi kesuksesannya di kampung halamannya di Belanda, sekaligus memperpanjang keunggulan di klasemen kejuaraan serta menambah rentetan kemenangan keempatnya di sirkuit ini.