PT IMIP tegaskan informasi Virus Cacar Monyet di kawasannya hoaks

id Imip

PT IMIP tegaskan informasi Virus Cacar Monyet di kawasannya hoaks

Foto : Dokumentasi (Dokumentasi PT IMIP)

Morowali (ANTARA) - PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menegaskan, bahwa informasi tentang seorang awak kapal Global Harvest, yang sandar di jetty Kawasan IMIP terjangkit monkeypox virus atau virus cacar monyet adalah hoaks.

Tidak hanya itu, narasi di media sosial yang menyebutkan aktivitas jetty telah dihentikan serta dilakukan evakuasi dan karantina kepada awak kapal tersebut tidak benar.

"Aktivitas bongkar muat di jetty Kawasan IMIP berjalan normal seperti biasanya, dan tidak seperti yang dikabarkan," tegas Dedy Kurniawan, Head of Media Relations Department PT IMIP kepada ANTARA di Palu, Kamis.

Menurutnya, gambar atau foto awak kapal terduga terjangkit virus cacar monyet, yang beredar ke media sosial merupakan ilustrasi foto berita salah satu media online, dengan judul berita "Viral Kembali Berita Cacar Monyet alias Monkeyfox, Berikut Sejarah, Data, dan Pencegahan di Dunia dan Indonesia.

Selain itu, kata dia lagi, gambar foto yang beredar menunjukkan beberapa petugas menggunakan baju hazmat, sedang menaiki sebuah kapal, dipastikan jika itu merupakan proses screening pada kapal-kapal luar negeri yang akan masuk dan juga sebaliknya, di jetty Kawasan IMIP.

"Dan itu merupakan SOP dari pihak KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Kami tegaskan kalau informasi itu hoaks," tegasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya pada informasi yang beredar di media sosial, tanpa sumber yang jelas dan terpercaya.

PT IMIP adalah perusahaan pengelola kawasan industri berbasis nikel yang terletak di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Kawasan Industri IMIP terintegrasi dengan produk utama yang dimiliki berupa nikel, stainless steel, carbon steel, dan yang terbaru adalah bahan baku baterai kendaraan listrik.
PT IMP juga memiliki industri pendukung yang terentang mulai dari coal power plant, pabrik mangan, silikon, chrome, kapur, kokas, dan lainnya, hingga fasilitas penunjang lainnya diantaranya pelabuhan dan bandara.

Dalam menjalankan usahanya, PT Indonesia Morowali Industrial Park selalu berpedoman pada visi, misi, serta value perusahaan.

Kawasan Industri IMIP adalah kerja sama antara perusahaan Bintang Delapan Group dari Indonesia dengan perusahaan Tsingshan Steel Group dari negara Cina.

Tsingshan Group sendiri adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan nikel dan sudah menguasai teknologi pengolahan yang lengkap dengan teknologi yang maju dan modern.