Tim-dayung rowing Sulteng berhasil lolos final pada PON 2024

id Tim dayung Sulteng ,PON XXI Aceh-Sumut ,PON 2024,Sulteng masuk babak final ,Babak final cabor dayung ,Sulawesi Tengah

Tim-dayung rowing Sulteng berhasil lolos final pada PON 2024

Tim dayung Sulteng nomor Rowing kelas M4- berhasil finis pada posisi pertama dalam ajang PON 2024 di Kabupaten Aceh Besar, Aceh (8/9/2024). (ANTARA/HO-Satgas PON Sulteng)

Banda Aceh (ANTARA) - Tim dayung Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil lolos menuju babak final A untuk cabang olahraga dayung nomor rowing pada kelas Coxless Fours dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

"Untuk hari ini, hasil sangat memuaskan. Tapi, kami tetap waspada karena semua lawan berat. Semua lawan berpeluang, seperti provinsi-provinsi besar, seperti Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Pelatih Cabor Dayung Sulteng Hannes Dayon Auna di Aceh, Minggu.

Empat atlet tim dayung Sulteng, yakni Riski Umar, Asuhan Patihan, Ahmad Tarmizi, dan Rio Riski Darmawan berhasil finis di urutan pertama dengan catatan waktu 06.30.426 pada jarak 2.000 meter di di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar.

Kemudian disusul pada posisi kedua dari Jawa Timur dengan catatan waktu 06:31:923, Sumatera Selatan dengan waktu 06:39:278, Kalimantan Tengah dengan waktu 06:54:936 dan posisi terakhir Sumatera Selatan dengan catatan waktu 07:20:631.

Kemenangan ini berhasil mengantarkan atlet dayung nomor rowing kelas Coxless Fours Provinsi Sulteng melaju pada babak final A untuk memperebutkan medali.

Ia menjelaskan bahwa atlet dayung Sulteng menjalani pelatihan sekitar tiga tahun untuk persiapan mengikuti PON 2024.

"Untuk hari ini, kami lebih fokus pada adaptasi perahu dan venue," katanya.

Provinsi Sulteng menurunkan 13 atlet untuk mengikuti lima nomor yang diperlombakan. Untuk empat nomor lainnya, kata dia, masih akan menjalani babak repechage atau kesempatan ulang dalam tiga hari ke depan.

Menurut dia, kunci dari performa tim Sulteng adalah penyelarasan yang lebih baik, recovery yang terencana, serta pelatihan jangka panjang yang telah mereka lakukan sejak persiapan menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024.