Pemkot Larang Aktivitas Hiburan Malam Selama Ramadhan

id Karaaoke, Hiburan

Pemkot Larang Aktivitas Hiburan Malam Selama Ramadhan

Ilustrasi: Salah satu kegiatan hiburan malam.(ANTARANews)

“Khusus hiburan malam boleh beraktivitas mulai pukul 22:00-24.00 Wita, lewat dari itu sebaikanya tidak ada aktivitas lagi,” tegasnya.
Palu (antarasulteng.com) – Pemerintah Kota Palu akan mengeluarkan surat edaran larangan dan batasan aktivitas tempat hiburan malam di kota itu selama bulan Ramadhan.

Wali Kota Palu, Hidayat mengemukakan di Palu, Minggu, bahwa aktivitas hiburan khususnya tempat-tempat karaoke keluarga dan tempat-tempat hiburan lainnya agar senantiasa mengharagi kesucian dan kekhusuhan warga jalan menjalankan shalat serta ibadah puasa.

Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah ini sesungguhanya tidak menutup ruang bagi pelaku industri hiburan. Tetapi, Wali Kota menekankan sebaiknya ada waktu-waktu tertentu misalkan di saat umat Islam selesai melaksanakan shalat tarwi.

“Sebaiknya saya harap pelaku industri hiburan, yang pertama jangan fulgar lah. Kemudian hargai orang shalat tarwi, selanjutnya di siang hari tidak ada aktivitas hiburan. Artinya jangan dilakukan seperti hari-hari biasanya hargai bulan puasa,” imbau Hidayat.

Ia berharap, bagi pelaku industri hiburan di ibu Kota Provinsi itu dapat memahami situasi dan kondisi bulan suci Ramadhan. Kebijakan pemerintah setempat, tidak melarang bagi para pelaku usaha ini untuk tidak beraktivitas selama sebulan lamanya, tetapi aktivitas itu diatur pada waktu-waktu tertentu.

“Khusus hiburan malam boleh beraktivitas mulai pukul 22:00-24.00 Wita, lewat dari itu sebaikanya tidak ada aktivitas lagi,” tegasnya.

Sementara, usaha rumah makan atau restoran, pemerintah Kota Palu juga akan melakukan pengaturan dan penertiban melaui surat edaran Wali Kota Palu.
Dimana, dari rapat dilakukan bersama sejumlah unsur-unsur  setempat menghasilkan keputusan, bahwa rumah makan diperkenankan beraktivitas mulai pukul 17.00 Wita hingga menjelang sahur.

“Kenapa kita bolehkan beraktivitas mulai pukul lima sore, karena di waktu-waktu itu orang lagi sibu-sibuk mempersiapkan menu untuk berbuka puasa,” jelasnya. ***