Kanwil Kemenkumham Sulteng gelar Gernas BBI-BBWI pada 11-13 Oktober 2024

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Harvesting Gernas BBI-BBWI ,Festival Danau Poso ,Sulawesi Tengah

Kanwil Kemenkumham Sulteng gelar Gernas BBI-BBWI pada 11-13 Oktober 2024

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar. (ANTARA/HO-Kanwil Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Sulteng) segera menggelar Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di provinsi itu pada 11-13 Oktober 2024.
 
"Kanwil Kemenkumham Sulteng sebagai Campaign Manager siap menggelar puncak acara atau Harvesting Gernas BBI dan BBWI berkolaborasi dengan berbagai pihak," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Hermansyah Siregar di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan acara ini dilaksanakan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak, di antaranya Kemenkumham, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Bank Indonesia, pemerintah daerah (pemda) di Sulteng, dan Pemerintah Kabupaten Poso.
 
Ia menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan bertepatan dengan Festival Danau Poso di Kabupaten Poso yang akan berlangsung pada 11-13 Oktober 2024.
 
Gernas BBI, kata dia, menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mendukung serta memfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM terakselerasi digital, sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan serta transaksi pembelian produk lokal.
 
Sementara itu, BBWI bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata dalam negeri di mana Provinsi Sulawesi Tengah saat ini juga sedang menggencarkan promosi potensi pariwisatanya, yakni Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit dan potensi wisata lautnya.
 
"Festival Danau Poso akan menjadi ajang yang sangat istimewa untuk mempromosikan potensi wisata dan budaya daerah. Kami mengundang seluruh masyarakat untuk hadir dan menikmati keindahan Danau Poso," ujarnya.
 
Ia mengatakan puncak acara Gernas BBI/BBWI ini merupakan bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk mendukung pengembangan UMKM dan pariwisata di Sulawesi Tengah.
 
Hermansyah berharap melalui festival ini, produk-produk UMKM lokal dapat semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.
 
Selain itu, ia juga mengharapkan Gernas BBI/BBWI 2024 dapat berjalan lancar, khususnya meningkatkan nilai penjualan produk lokal serta berdampak signifikan dalam sektor pariwisata di Indonesia.
 
“Ini semua untuk kita, untuk kemajuan bangsa dan negara. Mari kita gelorakan dan sukseskan Harvesting Gernas BBI/BBWI 2024,” katanya.