SAE-AMDK Lapas Kolonodale Sulteng ikuti sertifikasi SNI

id SAE AMDK Lapas Kolonodale ,Lapas Kolonodale ,Sertifikat SNI,Sulawesi Tengah

SAE-AMDK Lapas Kolonodale Sulteng ikuti sertifikasi SNI

Tim auditor LSPro BBIHPMM Makassar melakukan kunjungan ke Lapas Kolonodale dalam rangka sertifikasi SNI SAE AMDK di Morowali, Sulteng, Senin (30/9/2024). (ANTARA/HO-Lapas Kolonodale)

Palu (ANTARA) - Sarana Asimilasi dan Edukasi Air Minum Dalam Kemasan (SAE AMDK) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kolonodale, Sulawesi Tengah, mengikuti sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Kepala Lapas Kolonodale Arifin Akhmad dalam keterangan yang diterima di Palu, Rabu, mengatakan bahwa SAE AMDK Lapas Kolonodale ini merupakan SAE AMDK pertama di Indonesia.
 
"SAE AMDK Lapas Kolonodale ini merupakan yang pertama di Indonesia. SAE AMDK ini merupakan Sarana Asimilasi dan Edukasi yang bergerak di bidang industri, untuk itu diperlukan tahapan-tahapan pengujian mutu melalui sertifikasi yang dapat menjamin standar mutu produk sehingga dapat dipasarkan kepada masyarakat," katanya.
 
Ia menjelaskan SAE AMDK ini merupakan suatu gagasan inovasi sebagai tempat pelaksanaan program pembinaan dan pemberdayaan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), khususnya dalam bidang industri Air Minum Dalam Kemasan.
 
Untuk menjamin kualitas mutu produk, kata dia, terdapat tahapan yang harus dilalui, salah satunya yaitu sertifikasi SNI sehingga dapat dipastikan kualitas SAE AMDK Lapas Kolonodale telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan secara nasional (SNI) maupun internasional International Organization for Standardization (ISO).
 
Ia juga menyampaikan saat ini SAE AMDK Lapas Kolonodale telah memiliki merek dagang yaitu Moiko Water, yang mana Moiko berarti bagus yang diambil dari bahasa Suku Mori sebagai bagian dari kearifan lokal, sedangkan water berarti air sehingga memiliki arti Air Bagus.
 
Lapas Kolonodale, lanjut dia, telah menerima kunjungan tim auditor dari Lembaga Sertifikasi Produk Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Hasil Perkebunan, Mineral Logam dan Maritim Makassar (LSPro BBIHPMM Makassar).   
 
Kunjungan ini dalam rangka sertifikasi SNI untuk melaksanakan audit terkait pelaksanaan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) yang harus sesuai dengan pedoman SNI 3553:2015 dan SNI ISO 9001:2015.
 
Pelaksanaan audit SAE AMDK dilaksanakan mulai dari ruang administrasi, ruang produksi, ruang Water Treatment Plant (WTP), ruang penyimpanan air baku, ruang bahan penolong hingga gudang produk jadi dan produk siap jual.
 
"SAE AMDK Lapas Kolonodale ini merupakan inovasi terbaru kami dalam meningkatkan program pembinaan WBP, karena ini berbasis industri maka kami siap mengikuti dan memenuhi regulasi yang ada salah satunya sertifikasi SNI,” kata Arifin Akhmad.