KPU: Informasi Pilkada Gratis

id kpu

KPU: Informasi Pilkada Gratis

KPU (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, menyatakan informasi mengenai pemilihan kepala daerah dapat diakses atau diperoleh secara gratis.

Ketua KPU Donggala Mohammad Shaleh mengemukakan di Donggala, Senin, KPU membuka pelayanaN seluas-luasnya kepada masyarakat dan partai politik terkait informasi mengenai pilkada kabupaten tersebut pada 2018 mendatang.

"Iya, informasi apa saja mengenai pilkada semuanya dapat diakses oleh masyarakat, partai politik, bakal calon dan tim sukses dari setiap bakal calon," ungkap Mohammad Shaleh.

Kata Shaleh, KPU siap melayanai setiap pemohon yang membutuhkan data dan informasi mengenai pemilihan kepala daerah.

Pihaknya, sebut dia, menyediakan informasi dan data mengenai jumlah pemilih atau DPT, jumlah TPS, dan data-data lainnya yang penting terkait pilkada.

"Semuanya akan diberikan atau dapat mengakses data DPT, TPS dan data lainnya mengenai pilkada. Kami siap memberikan informasi kepada pemohon," ujarnya.

Ia mengaku bahwa jelang pelaksanaan pemilihan kepada daerah Kabupaten Donggala, banyak komponen masyarakat yang memohon informasi dan data terkait pilkada kabupaten ini.

Bahkan, sebut dia, beberapa tim sukses dari pasangan bakal cabup telah mendatangi KPU untuk memohon data dan informasi mengenai pilkada.

"Kurang lebih sebelas bakal cabup telah datang ke kami dan memohon informasi serta data mengenai pilkada," terangnya.

Pilkada Donggala 2018 hampir dipastikan akan kembali diramaikan oleh Bupati Donggala saat ini yakni Kasman Lassa, dan akan bersaing dengan Wakil Bupati saat ini Vera Elena Laruni.

Sebelumnya, pasangan Kasman-Vera yang mencalonkan diri melalui jalur independen memenangkan Pilkada Donggala 2013, namun pada pilkada mendatang dipastikan pecah kongsi dan keduanya telah menyatakan maju dalam pilkada 2018 melalui jalur parpol. (skd)