Peserta UNBK Sulteng 28.181 orang

id UNBK,2018,sulteng

Peserta UNBK Sulteng 28.181 orang

Sejumlah siswa mengikuti UNBK 2017 di Kota Parigi (Antaranews Sulteng/Fiqman Sunandar/17)

Palu (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 28.181 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) di Sulawesi Tengah akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada awal bulan April 2018.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sulteng, 28.181 peserta UNBK tersebar di 355 SMA dan MA di 13 kabupaten dan kota.

Wakil Ketua Panitia UNBK pada Disdikbud Sulteng, Asrul Achmad di Palu, Rabu, mengatakan UNBK SMA dan MA akan dilaksanakan mulai 9 sampai 12 April 2018.

Karena jumlah komputer yang dimilki sekolah tidak sebanyak peserta UNBK, maka ujian akan dibagi menjadi tiga sesi.

"Sesi pertama pukul 07.30 sampai 09.30 Wita. Sesi dua pukul 10.30 sampai 12.30 Wita dan sesi tiga pukul 14.00 sampai 16.00 Wita," katanya.

Baca juga: Semua SMP di Palu laksanakan unbk

Agar pelaksanaan UNBK SMA dan MA berjalan lancar dan sesuai harapan, kata dia, panitia UNBK terus berkoordinasi dengan semua sekolah.

"Kita melakukan sosialisasi UNBK ke semua sekolah," lanjut dia.

Sosialisasi yang dilakukan meliputi pengenalan UNBK, tata cara penginputan biodata peserta dan pengisian lembar jawaban elektronik.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten dan kota agar pelaksanaan UNBK tingkat SMA dan MA tahun ini terlaksana tanpa ada hambatan.

Sementara tahun sebelumnya jumlah peserta UNBK di Sulteng hanya 8.845 siswa tersebar di Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Banggai, Tolitoli, Poso, Morowali, Banggai Laut, Donggala, Sigi dan Morowali Utara.

Tiga kabupaten lainnya di Sulteng yakni Buol, Tojo Unauna dan Banggai Kepulauan (Bangkep) tidak melaksanakan UNBK karena belum didukung sarana dan prasana yang memadai.

Baca juga: Gubernur minta PLN jaga suplai listrik UNBK