Hari pertama UNBK di Pasigala berjalan lancar

id UNBK,Pasigala, lancar

Siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (1/4/2019). Pelaksanaan UNBK SMA dan Madrasah Aliyah (MA) di daerah pascabencana tersebut berjalan lancar dan pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga menghimbau dan berupaya agar seluruh siswa peserta ujian melaksanakan UNBK pada tempat yang layak atau tidak pada tenda maupun kelas darurat. (ANTARA FOTO/MOHAMAD HAMZAH)

Palu (ANTARA) - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA di daerah terdampak bencana alam gempabumi,tsunami dan likuefaksi Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) yang berlangsung serentak mulai 01 April 2019 itu, berjalan lancar.

"Tidak ada gangguan. Semua berjalan baik sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace di Palu, Selasa.

Ia juga berharap hari-hari selanjutnya pelaksanaan UNBK tidak mengalami hambatan berarti.

UNBK kali ini, kata dia, khususnya di tiga daerah terdampak bencana alam yakni Pasigala mendapat perhatian khusus dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota karena berbagai infranstruktur, termasuk listrik,jaringan telekomunikasi dan sekolah banyak yang rusak.

"Tapi semuanya, sudah diantisipasi dan pelaksanaan UNBK tetap berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan pemerintah pusat," katanya.

Meski kebanyakan siswa di Pasigala ikut terdampak bencana alam gempabumi yang terjadi pada 28 September 2018,namun mereka terlihat begitu antusias mengikuti UNBK di sekoilahnya masing-masing.

Dia menambahkan pasokan listrik dan jaringan internet yang digunakan untuk mendukung  pelaksanaan UNBK,semuanya beroperasi dengan baik sehingga ujian hari opertama dapat diselesaikan para siswa tepat waktunya.

Jauh sebelumnya, kata Irwan, Pemprov Sulteng telah melakukan koordinasi dengan pihak PT PLN sebagai penyedia listrik dan juga PT Telkom mernyangkut jaringan internet di sekolah-sekolah yang menjadi tempat berlangsungnya UNBK tingkat SMA/MA di daerah itu.

Pemerintah Provinsi Sulteng tentu berharap tingkat kelulusan pada UNBK kali ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,sekalipun daerah ini baru saja dilandfa bencana alam yang mengakibatkan kerusakan infranstruktur cukup parah dan membuat perekonomian masyarakat di wilayah terdampak Pasigala mengalami keterpurukan, namun sekarang ini berangsur-angsur mulai bangkit kembali.

Pantauan di sejumlah sekolah seperti SMA Negeri 1 Palu, SMA Negeri 2 Palu, SMA Negeri 3 Palu, tidak ada hambatan dalam pelaksanaan UNBK hari pertama dan kedua yanhg sedang berlangsung.

Begitu pula halnya pelaksanaan UNBK di SMA Sigibiuromaru, Kabupaten Sigi dan Donggala. Rata-rata ujian berjalan lancar.

 "Tidakada gangguan listrik dan internet.Semuanya lancar," kata Fadli, seorang siswa peserta UNBK di salah satu SMA di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar