PLN siapkan genset mobile dukung pelaksanaan UNBK

id PLN,UNBK,genset

Manager PLN Abbas Saleh (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - PT PLN Area Palu, Sulawesi Tengah, menyiapkan sejumlah genset mobile untuk mendukung kelancaran Ujian Nasional Berbasais Komputer (UNBK) 2019 yang dilaksanakan secara serentak di Tanah Air itu.

"Jauh sebelumnya, kami sudah mempersiapkan genset cadangan untuk pelaksanaan UNBK di Sulteng, termasuk di Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong sebagai daerah terdampak bencana alam," kata Manager PT PLN setempat, Abbas Saleh di Palu, Senin.

Selain itu, kata dia, beberapa sekolah juga menyiapkan genset sendiri sehingga membantu PLN dalam menjaga pasokan listrik untuk UNBK baik tingkat SMK, SMA maupun SMP.

Pengalaman UNBK tahun-tahun sebelumnya, kata dia, tidak ada masalah soal listrik. "Semua dapat teratasi dengan baik karena sudah dipersiapkan jauh sebelumnya," ujar Abbas.

Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng dan kabupaten/kota di daerah ini selalu berkoordinasi dengan PLN sebagai perusahaan negara yang memiliki tanggungjawab penuh dalam penyediaan listrik di daerah-daerah, termasuk di Sulteng.

Ia juga berharap dalam pelaksanaan UNBK tahun ajaran 2018/2019 untuk semua jenjang pendidikan di Sulteng, terutama di empat daerah yang dilanda bencana alam gempabumi,tsunami dan likuefkasi pada 28 September 2018 lalu, bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada gangguan listrik.

Bagaimanapun, katanya, jika sampai ada gangguan, itu bisa mnengganggu kosentarasi para siswa yang mengikuti ujian tersebut.
Dia juga menambahkan dalam rangka mensukseskan UNBK dan juga Pemilu Legislatif (pileg) dan Pemilu Presiden (pilpres) yang dijadwalkan berlangsung 17 April 2019, pihaknya mendatangkan satu unit mesin genset dengan kapasitas 15 megawatt dari Sulawesi Selatan.

Dengan ketambahan mesin genset tersebut paling tidak bisa mengantisipasi jika terjadi kekurangan listrik saat pelaksanaan UNBK maupun pemilu serentak di Kota Palu dan sekitarnya.

PLN, kata Abbas saat ini mengandalkan pasokan listrik dari PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Sulewana yang berpusat di Kabupaten Poso."Kita sangat berharap PLTA Poso beroperasi normal sehingga pasokan listrik berjalan lancar hingga pelaksanaan pemilu.
Pewarta :
Editor : Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar