Nasdem kembangkan kebun buah naga di Donggala

id Nasdem,buah naga,donggala

Nasdem kembangkan kebun buah naga di Donggala

Buah Naga (Foto : ANTARA/Oky Lukmansyah)

Banawa, Sulawesi Tengah (Antaranews Sulteng) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem menggandeng Balai Pelaksana Penyuluh (BPP) Pertanian Desa Tibo, Kecamatan Sindue Tambusabora untuk mengembangkan perkebunan buah naga di kabupaten tersebut.

"DPW Nasdem melalui Ketua Petani Mansur Yahya telah menyerahkan 450 pohon buah naga kepada penyuluh yang tergabung dalam Balai Pelaksana Penyuluh," kata Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin, dalam rilisnya, Kamis malam.

Penyerahan bibit buah naga itu dilakukan di Kantor BPP Pertanian Desa Tibo, oleh Mansur Yahya kepada Kepala BPP Eko Subianto bersama sejumlah penyuluh pertanian Kecamatan Sindue Tambusabora.

Hamdin mengatakan penyerahan 450 pohon bibit buah naga tersebut, dirangkaikan dengan pelatihan teknik menanam buah naga diikuti oleh petani dari Kecamatan Sindue.

Sementara itu Ketua Petani Nasdem Sulteng Mansur Yahya menjelaskan 450 pohon bibit buah naga akan dikembangkan secara bersama di kebun percontohan yang dilaksanakan oleh DPW Nasdem Sulteng dan BPP Pertanian.

"Pengembangan ini akan dilakukan secara bersama oleh DPW Nasdem dan para penyuluh yang tergabung dalam BPP Pertanian di Kecamatan Sindue Tambusabora," kata Mansur.

Dia mengatakan bahwa pengembangan perkebunan buah naga dilakukan dengan melihat tinggi minat masyarakat untuk mengkonsumsi buah tersebut.

"Buah naga sangat diminati pasar di Sulawesi Tengah, karena itu Petani Nasdem Sulteng kewalahan memenuhi tingginya permintaan pasar akan buah ini," ujar Mansur.?

Baca juga: Buah naga Nasdem mulai diminati pelaku usaha

Terkait hal itu Kepala BPP Pertanian Sindue Tombusabora,?Eko Subianto menyambut baik rencana kerja sama ini demi peningkatan kualitas petani di Kecamatan Sindue Tombusabora.

"Secara khusus atas nama petani dan pemerintah daerah saya patut berterima kasih atas niat baik dari Petani Nasdem Sulteng yang ingin bekerja sama dan berbagi pengetahuan di bidang pertanian kepada petani di daerah ini," katanya.

Eko juga menyebut saat ini, buah naga sangat diminati pasar di Kabupaten Donggala.

"Kalau kita masuk di rumah makan, kita bisa lihat bagaimana tingginya permintaan pelanggan akan buah naga ini," sebutnya.

Ia berharap, kerja sama ini terus ditingkatkan dengan demikian bisa membatu meningkatkan pendapatan petani dan daerah.