Arus Mudik - terminal di Palu masih sepi

id Terminal

Sejumlah pemudik rute Palu-Gorontalo menata barang bawaannya ke atas bus yang akan mengangkutnya di Terminal Induk Mamboro, Palu, Sulawesi Tengah, (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Dua terminal angkutan penumpang di Palu, Sulawesi Tengah yang beberapa hari sebelum Lebaran padat arus mudik, selama dua hari Lebaran ini tampak sepi.

Pantauan di Terminal Induk Mamboro, Sabtu, tidak terlihat satu pun bus angkutan kota antarprovinsi maupun angkutan kota dalam provinsi yang tiba atau diberangkatkan selama hari raya Idul Fitri.

Begitu pula halnya di Terminal Induk Tipo, Palu Barat. Sejak dua hari ini, terminal yang sehari-harinya ramai dipadati penumpang, kini terihat sangat lengang. Di terminal tersebut juha tidak ada bus AKAP/AKDP yang tiba atau diberangkatkan.

Kepala Terminal Tipo, Amiruddin membenarkan selama lebaran ini tidak ada perusahaan otobis (PO) AKAP/AKDP yang mengoperasikan kendaraan mereka.

Setiap hari raya, kata dia, PO memilih untuk kandangkan armada mereka karena sopir dan karyawan libur merayakan lebaran di kampung halamannya.

Kemungkinan arus balik lebaran baru akan dimulai pada H+3. Tetapi penumpang saat itu diperkirakan masih sedikit karena warga yang pulang kampung tentu masih menikmati hari raya Idul Fitri bersama dengan keluarga dan sahabat mereka di kampungnya.

Kepala Bidang Darat, Keselamatan dan Perkerataapian Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah, Sumarno mengatakan arus mudik lebaran melalui jalur darat terbilang lancar dan aman.

"Arus mudik cukup lancar. Kami juga berharap arus balik lancar dan aman," kata dia.

Namun, Sumarno mengaku arus mudik lebaran kali ini tidak sepadat tahun-tahun sebelumnya. "Itu karena khusus di beberapa kabupaten di Sulteng sudah dibuka rute penerbangan sehingga sebagian masyarakat mudik menggunakan transportasi udara," katanya. Budi Suyanto
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar