Terminal air bersih IMIP sentuh ribuan Kepala Keluarga di Morowali

id Morowali, imip, sulawesi tengah

Terminal air bersih IMIP sentuh ribuan Kepala Keluarga di Morowali

Teminal air bersih IMIP sentuh ribuan Kepala Keluarga di Morowali. ANTARA/HO-IMIP

Morowali (ANTARA) - Sebagai salah satu komitmen mewujudkan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) terus mengupayakan ketersediaan air bersih untuk warga.

Salah satu langkah yang dilakukan, yaitu membangun terminal air baku di beberapa desa di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali.

Dari data yang ada, saat ini PT IMIP telah membangun di tiga lokasi desa yakni Desa Labota, Desa Fatufia dan Desa Bahomakmur.

Penyediaan terminal air bersih ini menyentuh dan berdampak pada ribuan Kepala Keluarga yang ada di tiga Desa tersebut.
Teminal air bersih IMIP sentuh ribuan Kepala Keluarga di Morowali. ANTARA/HO-IMIP


"Dari data kami, ini telah dimanfaatkan sekitar 3.294 Kepala Keluarga," ucap Direktur Komunikasi PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) Emilia Bassar.

Menurutnya, terminal air bersih ini dapat dimanfaatkan warga dalam kehidupan sehari-hari dan terjamin serta layak dipakai, karena telah melalui uji kesehatan. Hal tersebut, menjadi salah satu upaya perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan bagi warga sekitar.

"Total pemanfaatanya sekitar 78.91 ton perhari. Air bersih yang disediakan hanya sebatas stimulan bagi warga sekitar. Jika masing-masing warga ingin menyambung air di terminal, cukup menyediakan bahan-bahannya saja, seperti pipa air dan sebagainya;" ujarnya.

Selain terminal.air bersih, IMIP juga telah melakukan optimalisasi sarana dan prasarana, guna meningkatkan fasilitas dan layanan masyarakat.

"PT IMIP melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di 12 desa lingkar Kawasan IMIP.  Optimalisasi infrastruktur meliputi dukungan sarana prasarana, pembangunan, dan renovasi beberapa fasilitas umum seperti sekolah, masjid, jalan, dan fasilitas layanan kesehatan," terangnya.

Tercatat sudah ada 71 Pembangunan dan renovasi Sekolah, 9 unit renovasi Rumah Ibadah, 11 unit fasilitas pengelolaan sampah, 3 unit pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan, 17 unit pembangunan dan renovasi kantor pemerintahan dan 1.6 kilometer perbaikan jalur lalulintas masyarakat