DPP APPSI dikukuhkan, Gubernur Longki jabat wakil ketua

id APPSI,Longki

DPP APPSI dikukuhkan, Gubernur Longki jabat wakil ketua

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi bersama istri dan Wagub Soedarto (alm), usai pelantikan Gubernur-Wagub Sulteng periode 2016-2021 oleh Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla di jakarta, 16 Juni 2016. (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Jakarta (Antaranews Sulteng) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengukuhan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia
 (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (2/7)

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, MSi dikukuhkan sebagai wakil ketua umum asosiasi yang diketuai Gubernur Jawa Timur, 'Pak De' Soekarwo  tersebut.

Turut hadir mendampingi gubernur pada kesempatan tersebut adalah Asisten Pemerintahan Setdaprov Sulteng Faisal Mang, Kepala Biro Adwildapem Irfan Suaib dan Kepala Biro Humas dan Protokol Moh. Haris.

Mendagri dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada pengurus APPSI yang baru dilantik dan berharap dalam menjalankan tugas dan fungsi APPSI kiranya sinergis dengan seluruh pemerintah provinsi.

Mendagri mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo bahwa para gubernur membangun hubungan tata kelola pemerintahan pusat dan daerah yang harus semakin efektif, efesien serta mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya untuk memperkuat otonomi daerah.



Lebih lanjut Mendagri menyampaikan bahwa kerja sama antarprovinsi  dapat dilakukan dalam banyak hal. 

Ia mencontohkan dalam upaya memenuhi ketersediaan kebutuhan daging di Provinsi DKI, dapat saja diambil dari provinsi lainya misalkan Bali atau Nusa Tenggara.

Para gubernur, kata menteri, merupakan tangan kanan pemerintah pusat dan diharapkan tidak ada sekat-sekat partai, sekat organisasi antara Presiden dan para gubernur dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap gubernur yang telah melaksanakan pilkada serentak yang berjalan dengan baik, aman dan lancar. 

"Adapun kendala-kendala yang ada dalam pelaksanaan pilkada serentak tentunya akan menjadi perhatian kita semua agar kedepan kiranya dapat diminimalisir," kata mendagri.

APPSI merupakan organisasi yang dapat membantu mewujudkan sinergitas pembangunan disegala aspek antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.
 (Humas Pemprov Sulteng)
 
Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi (kanan) selaku wakil ketua umum mendampingi Gubernur Jatim Soekarwo (kiri) memimpin rapat perdana DPP APPSI usai pengukuhan DPP APPSI oleh Mendagri di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (2/7) (Antaranews Sulteng/Istimewa)