Dishub Sulteng siapkan 32 bus Damri untuk mudik gratis

id dishub,mudik,gratis,natal

Dishub Sulteng siapkan 32 bus Damri untuk mudik gratis

Jasa Raharja Sulteng bayar santunan korban kecelakaan penumpang bus DAMRI (anas masa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan sebanyak 32 unit bus untuk program mudik gratis jelang hari Natal tahun 2018 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian, Disbub Sulteng, Sumarno, di Palu, Senin mengatakan program itu sudah untuk beberapa kali dilaksanakan dalam momentum hari besar keagamaan di Sulteng.

Tahun ini kata dia, Dishub mempersiapkan 32 unit bus dengan kuota pemudik 256. Tujuan mudiknya adalah Palu-Luwuk sebanyak 56 orang, Palu-Tentena 48 orang, Palu- Morowali 32 orang, dan masing-masing 24 orang untuk Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Morowali Utara, Palu-Tolitoli, dan Palu-Buol.

Pendaftaran mudik gratis itu dimulai tanggal 6 sampai 19 Desember nanti, diutamakan untuk masyarakat kurang mampu.

Apabila tidak ada perubahan, pemberangkatan akan berlangsung pada 20 Desember di depan halaman Kantor Gubernur Sulteng. Pemudik akan dilepas oleh Gubernur Sulteng, H. Longki Djanggola didampingi pejabat terkait.

Sumarno mengimbau masyarakat yang ingin mudik untuk segera mendaftarkan diri di Kantor Dishub Sulteng, Jalan Kartini Palu, dengan membawa persyaratan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Ini salah satu wujud kepedulian pemerintah Sulteng kepada masyarakat korban bencana di daerahnya. Kondisi perekonomian masyarakat saat ini belum stabil sehingga dibutuhkan kepedulian dari semua pihak,” jelas Sumarno.

Pihak Dishub juga akan bekerjasama dengan Perusahaan Otobus (PO) untuk memastikan armada yang digunakan nanti layak jalan atau dalam kondisi baik.

“Sebelum pemberangkatan semua akan diperiksa agar safety,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Seksi Prasarana dan Perkeretaapian, Dishub Sulteng, I Made Sudita menambahkan, untuk menyukseskan program itu, pihaknya berencana menggandeng Bank Sulteng.

“Kami juga akan mengirimkan proposal ke Bank Sulteng agar berkontribusi dalam program mudik gratis ini. Kita berharap tahun ini juga demikian,” tandasnya.