Pemkab Parimo siapkan puluhan ribu bibit kepiting bakau

id Kepiting bakau, crab bali, bibit, Parigi moutong

Kepiting bakau (ilustrasi) (Foto : ANTARA)

Jika masyarakat khususnya mereka yang bergelut di sektor perikanan konsisten mengembangkan komoditas ini, saya kira bisa memajukan perekonomoan mereka, apalagi melibatkan Bumdes
Parigi (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah akan menyediakan sebanyak 24 ribu bibit kepiting bakau untuk dibudidaya di kabupaten itu. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong Efendi Badco di Parigi, Jumat mengatakan, budidaya kepiting bakau melibatkan 10 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang tersebar di beberapa wilayah di kabupaten tersebut.

"Kami baru memulai dan realisasinya 2019 dengan anggaran kurang lebih Rp24 miliar sudah termasuk pengadaan bibit dan pakan," ungkap Efendi.

Dia menjelaskan, 10 Bumdes yang akan mendapat bantuan bibit kepiting bakau ditetapkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa setempat sebagai leading sektor.

Menurutnya, hutan bakau di Parigi Moutong sangat potensial dimanfaatkan untuk pemgembangan budidaya komoditas kepiting menggunakan sistem 'crab ball' atau kepiting dalam wadah berbentuk seperti bola. 

"Saat ini pemanfaatan hutan bakau selain untuk sektor pariwisata, juga dimanfaatkan untuk sektor perikanan," tambahnya. 

Diperkirakan, lahan tambak pengembangan budidaya crab ball di Parigi Moutong mencapai delapan ribu hektare.

Pemerintah setempat mulai melirik potensi kepiting bakau yang dinilai bisa menguntungkan daerah serta dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Di kabupaten itu, masyarakat sudah mengembangkan beberapa jenis di sektor perikanan, mulai dari ikan bandeng, ikan air tawar hingga udang. 

"Jika masyarakat khususnya mereka yang bergelut di sektor perikanan konsisten mengembangkan komoditas ini, saya kira bisa memajukan perekonomoan mereka, apalagi melibatkan Bumdes," ujarnya mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Parigi Moutong ini. 

Dia menyebut, kepiting bakau memiliki harga jual bervariasi, per ekor kepiting bakau berukuran besar biasanya dijual dengan harga Rp100.000 sampai Rp150.000, meskipun segmen pasarnya masih lokal.***
 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar