Kemenpar harap FTT sedot kunjungan wisatwan ke Sulteng

id FTT, kemenpar, pariwisata, Parigi Moutong

Penabuhan alat musik tradisional gimba atau gendang merupakan tanda dimulainya Festival Teluk Tomini 2019 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Jumat (19/4). (Antaranews/Moh Ridwan)

Parigi Moutong memiliki beragam destinasi, seni dan budaya karenanya kabupaten itu dijuluki sebagai miniatur Indonesia
Parigi (ANTARA) - Kementerian Pariwisata berharap kegiatan kepariwisataan yang bertajuk Festival Teluk Tomini 2019 di Kabupaten Parigi Moutong dapat menyedot kunjungan wisatawan ke Provinsi Sulawesi Tengah. 

"Kalau tingkat kunjungan wisata meningkat akan berdampak pada ekonomi yang tidak lain ialah untuk kesejahteraan masyarakat," kata Staf Ahli Menteri bidang Multikultural Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astutui saat membuka Festival Teluk Tomini, di Parigi, Jumat. 

Industri pariwisata merupakan salah satu sektor yang menunjang pertumbuhan ekonomi nasional maupun daerah, tidak terkecuali Sulteng. 

Esthy memaparkan, FTT merupakan salah satu kegiatan kepariwisataan di Sulteng yang masuk dalam 100 kalender nasional pariwisata di Kemenpar.

Kegiatan itu telah diluncurkan di Gedung Balairung Soesilo Soedarman Jakarta  bersamaan dengan Festival Danau Poso yang dilaksanakan di Tentena oleh Pemda Kabupaten Poso dan Festival Pulo Dua yang diselenggarakan Pemda Kabupaten Banggai beberapa waktu lalu. 

Esthy melaporkan, Festival Teluk Tomini telah masuk urutan ke tiga trending topik nasional di akun twitter untuk kegiatan pariwisata hari ini. 

"Kegiatan promosi wisata seperti ini perlu juga melibatkan pelaku Usaha Kecil Menengah supaya dampak ekonominya terasa," katanya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Kesra Pemprov Sulteng Norma Mardjanu memaparkan, kunci pengembangan sektor pariwisata agar sukses adalah 3A (atraksi, amenitas, akses). 

"Parigi Moutong memiliki beragam destinasi, seni dan budaya karenanya kabupaten itu dijuluki sebagai miniatur Indonesia," ujarnya. 

Norma berharap, melalui FTT dari sektor pariwisata mudah-mudahan bisa menstimulasi ekonomi masyarakat Parigi Moutong dan meningkatkan aliran pendapatan yang signifikan untuk pemasukan daerah. 

Pada perhelatan FTT kali ini mengusung berbagai kegiatan pendukung diantaranya Tomini fashion carnaval, pameran, pemilihan putra putri bahari, lomba fotografi objek wisata dan festival musik tradisional.

Selain itu, kegiatan kepariwisataan ini dirangkaikan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulteng saat penutupan FTT nanti yang mana Parigi Moutong menjadi tuan rumah.***
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar