Baznas gelar Kampoeng Ramadhan di Sigi

id baznas,ramadhan

Baznas gelar Kampoeng Ramadhan di Sigi

Direktur Baznas Microfinance Pusat, Noor Aziz menyampaikan sambutan pada pembukaan kampoeng ramadhan. (Antaranews/Muhammad Hajiji)

Kami telah memiliki peta program dimana Sigi untuk tahun ini kami pilih menjadi pelaksana Kampoeng Ramadhan
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar Kampoeng Ramadhan di Desa Kabobona Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mulai 21 Mei hingga 24 Mei 2019 untuk memotivasi sekaligus menyemangati korban gempa, likuifaksi, banjir untuk semangat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Direktur Baznas Microfinance Pusat Jakarta, Noor Aziz di Sigi, Jumat menyatakan tahun ini pihaknya melaksanakan Kampoeng Ramadhan di tiga wilayah di Indonesia, meliputi Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

“Kami memilih Kabupaten Sigi dengan melihat kesiapan wilayah maupun pengelola untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami telah memiliki peta program dimana Sigi untuk tahun ini kami pilih menjadi pelaksana Kampoeng Ramadhan,” kata Aziz.

Ia mengatakan kegiatan itu dapat memotivasi masyarakat agar mampu, dan lebih menumbuhkan semangat, khususnya umat Muslim di wilayah Kampoeng Ramadhan untuk menjalankan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan. Selain itu, diharapkan pula dapat mengakomodir masyarakat setempat untuk memperoleh manfaat ekonomi dengan mereka menjual barang dagangan.

“Kami melaksanakan berbagai agenda di Kampoeng Ramadhan, seperti tadarus micro, pemutaran film Islami hingga bazar. Kami berharap ini bisa menyedot perhatian masyarakat dan perekonomian dapat bertumbuh, apalagi Sigi yang notabene belum lama ini tertimpa musibah gempa dan likuifaksi,” ujar dia.

Ketua Baznas Sigi, As’ad Syukur menyatakan pelaksanaan kegiatan ini merupakan pertama kalinya di Sigi dan dipusatkan di Desa Kabobona. Ia pun berharap masyarakat dapat menyemarakkan Kampoeng Ramadhan itu.  “Ini pertama kali digelar di Sigi, olehnya kami bersyukur Sigi dipilih oleh Baznas Pusat sebagai salah satu penyelenggara,” kata As'ad.

Diketahui, pelaksanaan Kampoeng Ramadhan juga melibatkan unsur pemuda dan agama di desa setempat.  Asisten dua Pemkab Sigi Iskandar Nongtji itu mengharapkan kegiatan pasar Ramadhan akan terus berlanjut di tahun berikutnya.