Es Krim Jamu Aman Untuk Pengidap Diabetes

id es, krim, jamu, diabetes

Jakarta - Pembuat es krim sekaligus pendiri Komunitas Honocoro, Retno Widati, mengaku telah membuat es krim berbahan jamu yang aman dikonsumsi bagi pengidap penyakit gula (diabetes).
        
"Membuat es krim jamu adalah salah satu cara untuk menarik generasi muda agar mengenal pengetahuan tradisional tentang rempah-rempah sehat yang ada di Indonesia," kata Retno di Jakarta, Sabtu.
        
Dia mengaku telah melakukan revolusi jamu, yaitu jamu dapat diolah menjadi es krim yang tidak pahit dan disenangi oleh orang dewasa maupun anak-anak, sehingga mereka dapat merasakan jamu tersebut dengan nikmat.
         
Komunitas Honocoro sejak Desember 2011 telah membuat es krim jamu. "Selain makanan, jamupun harus mengalami revolusi. Jadi, orang minum jamu tidak harus pahit dan berbentuk pil, tablet, kapsul atau berupa bubuk," katanya.
        
Menurut Retno, seluruh dunia harus tahu bahwa es krim jamu merupakan milik Indonesia, tanpa harus dipatenkan karena sudah secara pandangan merupakan buatan Indonesia.
       
Retno menjelaskan, es krim jamu bisa disajikan sebagai hidangan penutup untuk pesta-pesta eksklusif. Selain itu, es krim jamu dapat menjaga daya tahan tubuh.
        
Mengenai bahan untuk membuat es krim jamu, Retno menjelaskan, dibutuhkan beras,  kencur, gula khusus diabetes, serai, jahe, biji cabai jawa, buah peka, buah kapulaga, merica hitam dan agas kulosari.   
(PSO-273)