NasDem pimpin DPRD Parigi Moutong hasil Pemilu 2019

id NasDem

NasDem pimpin DPRD Parigi Moutong hasil Pemilu 2019

Kader Partai NasDem Sayutin Budiato Tongani, dilantaik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Padahal, dua institusi itu adalah mitra kerja untuk kemajuan pembangunan daerah. Karena itu, sebagai pimpinan DPRD ke depan Sayutin akan menjaga harmonisasi dua lembaga tersebut. Kuncinya adalah komunikasi
Palu (ANTARA) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) berhasil menjadi Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, hasil pemilihan legislatif 2019, yang sebelumnya dijabat kader Partai Gerindra.

"Kabupaten Parigi Moutong merupakan basis dari Partai Gerindra," ucap Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW NasDem Sulteng, Mohammad Hamdin, di Palu, Senin.

Pada pileg 2019, NasDem meraih suara di Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 30.383, sekaligus mengantar lima orang kadernya menjadi Anggota DPRD terpilih.

Perolehan suara itu mengalahkan perolehan partai politik lainnya termasuk Partai Gerindra di kabupaten tersebut.

Kata Hamdin, NasDem mempercayakan kadernya, Sayutin Budiato Tongani untuk menjabat Ketua DPRD Parigi Moutong.

Kata Hamdin, NasDem telah memiliki agenda terkait fokus pembangunan di Parigi Moutong lewat peran legislatif di daerah setempat.

Fokus itu, sebut dia, lewat Sayutin, NasDem akan berupaya menghilangkan kesan bahwa antara legislatif dan eksekutif adalah dua institusi yang terkesan saling berlawanan.

"Padahal, dua institusi itu adalah mitra kerja untuk kemajuan pembangunan daerah. Karena itu, sebagai pimpinan DPRD ke depan Sayutin akan menjaga harmonisasi dua lembaga tersebut. Kuncinya adalah komunikasi," kata Hamdin.

Kemudian, NasDem lewat kadernya di DPRD Parigi Moutong, akan mendorong eksekutif melakukan percepatan penataan kota dan pembangunan perdesaan.

Hal itu, sebut dia, akan menjadi prioritas pembangunan lima tahun mendatang, yang harus masuk dalam rencana pembangunan jangka pendek dan menengah serta masuk dalam APBD.

Kemudian, NasDem mendorong eksekutif menfasilitasi industri kreatif masyarakat. 

Hal ini, menjadi salah satu fokus Partai besutan Surya Paloh yang akan diperjuangkan oleh kadernya di DPRD Parigi Moutong sekaligus menjadi prioritas.

"Misalnya, memberi bantuan modal dan fasilitas lainnya yang diperlukan," sebut dia.***
Kader Partai NasDem Sayutin Budiato Tongani, memegang palu sidang sebagai merangkul tangan salah satu pejabat usai dilantaik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong. (ANTARA/Muhammad Hajiji)