Patung Le Penseur Laku 15,8 Juta Dolar

id patung, le penseur, lelang

Patung Le Penseur Laku 15,8 Juta Dolar

Patung Le Penseur karya Auguste Rodin. (reuters)

New York (antarasulteng.com) - Lelang musim semi di Sotheby's New York mendapat awal yang kuat, Selasa, berkat penjualan karya seni impresionis dan moderen yang terjual seharga 230 juta dolar AS, dipimpin oleh karya Cezanne yang terjual hampir 42 juta dolar dan potret Madigliani seharga 26 juta dolar AS.
        
Setahun sejak Sotheby's berhasil mencatat rekor lelang karya seni dengan menjual lukisan "The Scream" karya Edvard Munch seharga 120 juta dolar AS, bisa menjual karya Picasso, Rodin dan Monet dengan mencatat 85 persen dari 70 lot lelang bisa mendapat pembeli dengan harga pra jual yang ditaksir sebesar 230 juta dolar.
        
Penjualan tertinggi diperoleh dari karya "still life" Cezanne berjudul "Les Pommes" yang dalam pra-penjualan diperkirakan laku 25 hingga 35 juta dolar, akhirnya terjual dengan harga 41.6 juta dolar termasuk komisi.
        
Patung "Sang Pemikir" atau "Le Penseur" karya monumental Rodin yang merupakan patung paling terkenal di dunia, diperkirakan dapat terjual 10 juta dolar tetapi akhirnya mendapat harga yang lebih baik yaitu 15,8 juta dolar.
        
Rekor dipecahkan oleh Georges Braque dengan lukisan "Paysage a la Ciotat" yang laku 15,8 juta dolar jauh di atas perkiraan.
       
Karya potret dari Modigliani "L'Amazone" juga menjadi sorotan, laku dengan harga 25 juta dolar dan karya Monet "Poirier en fleurs" terjual 8,5 juta dolar dari perkiraan sebelumnya 7 juta.
        
Selain itu karya Fernand Leger berjudul "Trois femmes as la table rouge" yang baru dijual oleh diva pop Madonna untuk mencari dana bagi yayasan sekolah perempuan miliknya, terjual dengan harga 7,2 juta dolar, di atas perkiraan.