Kota Palu Raih Adipura

id Kota Palu Raih Adipura

"Sertifikat ini harus menjadi pemicu semangat untuk tetap membiasakan hidup bersih dan tertib," kata Mardiyati.
Palu - Kota Palu meraih Sertifikat Adipura 2012 sebagai salah satu kota bersih dan hijau setelah melalui serangkaian penilaian sejak Oktober 2011 hingga April 2012.

Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Palu Mardiati di Palu, Senin, mengatakan Wali Kota Palu Rusdy Mastura akan menerima Sertifikat Adipura di Jakarta Selasa (5/6) bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup.

Dia mengatakan, Sertifikat Adipura adalah modal awal untuk mendapatkan Piala Adipura.

Mardiati mengaku tidak menyangka akan mendapat Sertifikat Adipura karena masih banyak fasilitas umum yang harus diperbaiki. Pada 1995 Kota Palu juga perah mendapat Sertifikat Adipura namun gagal meraih Piala Adipura karena belum bisa mengatasi permasalahan sampah dan ketertiban lainnya.

Karena itu, dia mengajak semua warga Kota Palu untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban di Ibukota Sulawesi Tengah ini.

"Sertifikat ini harus menjadi pemicu semangat untuk tetap membiasakan hidup bersih dan tertib," kata Mardiyati.

Sebelumnya, Tim Penilai Adipura 2012 melakukan serangkaian penilaian di sejumlah lokasi di Kota Palu, seperti perkantoran, pasar, jalan, sekolah, rumah sakit, Puskesmas, lokasi wisata dan ruang terbuka hijau.

Dari komponen penilaian itu, yang mendapat perhatian lebih adalah pasar, jalan dan drainase.

Saat ini, Pemerintah Kota Palu berupaya memperbaiki sistem drainase dan jalan rusak agar berfungsi sebagaimana mestinya. 

Sebelumnya Wali Kota Palu Rusdy Mastura menargetkan mampu meraih Piala Adipura pada 2012. Untuk mencapai target itu, Pemerintah Kota Palu telah memperbanyak petugas dan armada pengangkutan sampah. "Piala Adipura bukan segala-galanya, yang penting kita harus terus menjaga kebersihan dan ketertiban," katanya.(R026)