200 Burung Menawan Isi Gembira Loka

id burung, hewan

200 Burung Menawan Isi Gembira Loka

(reuters)

Yogyakarta (antarasulteng.com) - Sebanyak 200 burung eksotis dan cantik mulai mengisi Taman Burung di Gembira Loka Zoo Yogyakarta yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunannya.

"Nantinya, sejumlah burung cantik tersebut dipajang di Taman Burung Gembira Loka Zoo (GLZoo) Yogyakarta. Sebagian burung itu didatangkan dari seorang peternak di Jakarta, sedangkan burung-burung jenis lokal nantinya didatangkan dari Solo," kata Kabid Perawatan Satwa GLZoo Miftah Nur Khasan di Yogyakarta, Senin.

Ia mengatakan ratusan burung paruh bengkok berbulu warna-warni tersebut didatangkan dari Jakarta sejak Feburari lalu.

"Burung-burung eksotis itu di Jakarta ada peternaknya. Itu kami datangkan ke GLZoo melalui beberapa tahap, melalui angkutan kereta api," katanya.

Menurut dia, saat ini sejumlah kandang taman burung juga mulai diisi sejumlah burung, seperti burung rangkok, elang, kakatua, dan angsa.

Burung-burung lokal koleksi GLZoo ini digunakan sebagai uji coba apakah nanti merasa nyaman atau tidak dikandangkan di kompleks taman burung setempat.

Miftah menjelaskan, burung-burung eksotis ini sebelum dipajang dan menjadi penghuni taman burung tersebut memang perlu dikarantina lebih dulu di tempat karantina satwa kebun binatang setempat.