Taliwan, Sulteng (ANTARA) - Desa Tabarano dan Wawondula yang dulu bernama Taliwan, hari Senin, 10 Oktober 2022, memperingati Hari Ulang Tahunnya (HUT) yang ke-62.

Acara berlangsung meriah, dihadiri sedikitnya 1.000 orang dari berbagai desa di Kecamatan Mori Utara serta Bupati Morowali Utara (Morut) Delis J. Hehi dan istri Febriyanthi, sejumlah pejabat daerah dan anggota legislatif.

Kemeriahan di desa itu sudah berlangsung sejak beberapa hari terakhir karena banyak kegiatan lomba digelar yang melibatkan masyarakat setempat.

Pada acara puncak yang berlangsung di lapangan sepak bola Taliwan itu, Bupati Delis dan istri disambut dengan tari-tarian adat dan penanggulangan bunga serta berbagai atraksi seni dan budaya dipersembahkan oleh muda-mudi dan orang tua Desa Tabarano dan Wawondula.

Semua rangkaia acara puncak hari ini, diawali dengan ibadah secara Kristiani.

Bupati Morut Delis J. Hehi dalam sambutannya meminta seluruh warga desa Tabarano dan Wawondula untuk meneladani kerja keras dan perjuangan orang-orang tua untuk mendirikan desa ini setelah bermigrasi karena kehendak Tuhan dari wilayah Luwu Timur pada 62 tahun lalu.

"Dalam momentum kebersamaan hari ini, kita mensyukuri bagaimana perjuangan orang-orang tua kita dulu dalam membangun desa dan membangun kebersamaan," ujarnya.

Delis mengapresiasi thema perayaan HUT ke-62 Tabarano dan Wawondula yakni 'Aso aroa, aso lekoa' (satu hati satu tujuan). Ini mengandung pesan bahwa tanggung jawab membangun desa bukan tanggung jawab kepala desa sendiri tapi tanggung jawab semua komponen masyarakat.

"Hanya dengan kebersamaan maka desa ini bisa dibangun dan dipertahankan eksistensinya dan mensejahterakan menuju masyarakat yang Sehat, Ceras dan Sejahtera," kata Delis lagi.

Pewarta : -
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024