JK Rowling Pakai Nama Samaran Saat Tulis Novel Kriminal

id jk rowling, novel

JK Rowling Pakai Nama Samaran Saat Tulis Novel Kriminal

JK Rowling (REUTERS)

London (antarasulteng.com) - Penulis Harry Potter, J.K. Rowling diam-diam menyamar sebagai seorang polisi militer yang telah pensiun untuk menulis novel kriminal yang mendapat pujian sebagai salah satu debut cerita detektif terbaik tahun ini.

Rowling menulis "The Cuckoo's Calling" dengan menggunakan nama Robert Galbraith dan berpura-pura bahwa itu adalah karya dari ayah dua anak dan seorang mantan penyelidik rahasia.

Penyamaran Rowling terbongkar setelah koran Sunday Times curiga karena karya sebagus itu dibuat oleh penulis baru. Hasil investigasi menunjukan bahwa Rowling-lah sang penulis asli.

"Saya tadinya berharap menyimpan rahasia ini sedikit lebih lama karena menjadi Robert Gakbraith adalah pengalaman yang membebaskan," kata perempuan berusia 47 tahun itu, seperti yang diberitakan Reuters.

"Rasanya mengagumkan menerbitkan buku tanpa harapan apa pun, dan sungguh menyenangkan mendapat umpan balik dalam nama yang berbeda," lanjutnya.

Penerbit Rowling, Little, Brown, menyebut buku tersebut sebagai "novel kriminal klasik dalam tradisi P.D. james dan Ruth Rendell". Tokoh protagonisnya, Cormoran Strike, merupakan veteran perang dengan luka fisik dan psikologis.

Cerita bergulir ketika Strike menyelidiki kematian seorang model di Mayfair, sebuah distrik di London.

Novel tersebut telah terjual sebanyak 1.500 kopi. Tetapi, begitu mencuat Rowling sebagai penulis aslinya, novel itu langsung naik menjadi bestseller. Di situs amazon.co.uk Minggu (14/7), buku itu menjadi terlaris ketiga dan masuk jajaran 100 besar sehari sebelumnya.