JOB Tomori salurkan sembako untuk masyarakat Banggai

id luwuk banggai,job tomori,bantuan sembako,covid-19,corona indonesia,kabupaten banggai,bupati banggai,skk migas,herwin yat

JOB Tomori salurkan sembako untuk masyarakat Banggai

Manager Relations, Security dan Comdev JOB Tomori, Agus Sudaryanto menyerahkan bantuan secara simbolis bantuan pangan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang diterima langsung Bupati Banggai Herwin Yatim, Kamis (16/4/2020) siang. (ANTARA/ Stepensopyan Pontoh)

Luwuk, Banggai (ANTARA) - Sebagai mitra pemerintah dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Banggai, Joint Operating Body (JOB) Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi, Kamis menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) berupa beras dan mi instan untuk masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.



Bantuan yang diterima langsung oleh Bupati Banggai Herwin Yatim tersebut nantinya akan disalurkan kepada masyarakat untuk meringankan beban mereka dalam situasi social/physical distancing atau menjaga jarak dengan tetap di rumah. Sehingga sebagian masyarakat yang hanya mengandalkan tenaga harian dan kehilangan pendapatan tetap dapat bertahan hidup di tengah instruksi pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.



Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian JOB Tomori yang beroperasi di Blok Senoro Kabupaten Banggai. Penyaluran bantuan dari perusahaan yang beroperasi di bawah pengawasan sekaligus persetujuan SKK Migas ini, juga sebagai lanjutan program JOB Tomori peduli penanganan COVID-19.



Sebelumnya, dalam kerja sama antara Pemda Banggai dan JOB Tomori telah diserahkan bantuan tahap pertama berupa alat kesehatan, kemudian penyaluran bantuan untuk wartawan di Kabupaten Banggai berupa alat cuci tangan, minuman bernutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh, masker, serta bantuan alat sterilisasi pada empat puskesmas di wilayah Kecamatan Batui, Batui Selatan, Moilong dan Toili.



“Hari ini kami menyerahkan bantuan dari JOB Tomori kepada Pemda Banggai untuk disalurkan kepada masyarakat, khususnya pada saat-saat sulit seperti saat ini, kami berharap bantuan ini bisa terdistribusi sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Banggai,” kata Arfiandy Djafaar, selaku Area Administrasi Section Head JOB Tomori, di dampingi Tim Business Support JOB Tomori saat penyerahan bantuan di halaman kantor Bupati Banggai.



Bupati Banggai, Herwin Yatim, didampingi Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Helena Padeatu, Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Banggai, Marsidin Ribangka, serta Ketua DPRD Banggai, Suprapto, mengatakan bahwa bantuan yang di berikan JOB Tomori tersebut akan di prioritaskan kepada masyarakat yang berdampak langsung dengan situasi COVID-19.



“Terimakasih kepada JOB Tomori yang telah menunjukan kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Banggai yang terkena dampak COVID-19 saat ini. Bantuan JOB Tomori ini kami spesialkan kepada pekerja yang di PHK dan dirumahkan, karena masyarakat lainnya juga sudah disiapkan bantuan yang berasal dari pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” ungkap Herwin Yatim.



Terpisah, Manager Relations, Security dan Comdev JOB Tomori, Agus Sudaryanto, menyampaikan permohonan dukungan dari Pemerintah Daerah dan masyarakat, sebab dalam situasi pendemic COVID-19 saat ini, JOB Tomori selaku Perusahaan Hulu Migas masih tetap diwajibkan menjalankan operasi produksi untuk menjamin pasokan energi dan bahan baku migas untuk kebutuhan nasional hingga daerah, termasuk keharusan pencapaian target penerimaan negara dari sector hulu migas.



“Untuk menjalankan operasi produksi, setiap pekerja JOB Tomori dipastikan menjalankan protokol kesehatan dan keselamatan kerja berdasarkan arahan dari SKK Migas dalam situasi Pendemic COVID-19. Oleh karena itu, management JOB Tomori sangat mengapresiasi langkah Pemda Banggai untuk bersama-sama JOB Tomori melawan COVID-19, melalui kegiatan bersama untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak langsung,” tutup pria yang akrab disapa Agus ini. (*)