Berani pungli di perbatasan, Kapolres Morut siap tindak tegas

id kapolres morowali utara,morut,kolonodale

Berani pungli di perbatasan, Kapolres Morut siap tindak tegas

Kapolres Morowali Utara Bagus Setyawan (ANTARA/HO-Michail Sorisi)

Kapolres: Ini kami lakukan untuk menjamin kepuasan masyarakat akan pelayanan kepolisian.
Kolonodale (ANTARA) - Demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan di sejumlah perbatasan Kabupaten Morowali Utara dengan daerah tetangga, Polres Morowali Utara terus melakukan pengamanan.

Pengamanan tersebut untuk memperlancar arus lalulintas barang dan jasa serta proses pemeriksaan kesehatan masyarakat yang melintasi perbatasan selama pandemi virus corona. Pengamanan dilakukan selama 24 jam.

Kapolres Morowali Utara AKBP Bagus Setiyawan mengatakan di Kolonodale, Selasa, dalam pengamanan tersebut aparat kepolisian telah ditekankan untuk bertugas secara profesional dalam menghindari terjadinya kegiatan yang merugikan masyarakat.

Kapolres mewanti-wanti para anggotanya untuk tidak melakukan perbuatan tercela di lapangan seperti melakukan pungli kepada masyarakat yang akan melintas posko penanganan COVID-19 di setiap perbatasan daerah setempat.

Apabila mendapat informasi terjadi praktek pungli dengan alasan meloloskan masyarakat dari pemeriksaan petugas posko COVID-19, maka pihaknya akan segera mengambil langkah penanganan dan menindak tegas siapapun pelakunya.

Untuk menjamin pengamanan berjalan sesuai dengan harapan, Polres Morowali Utara melakukan pengawasan secara rutin di setiap perbatasan setempat.

Mantan Kasubdit Tipidter Polda Sulteng ini mengungkapkan bahwa konsep pengawasan ini dilakukan dalam bentuk kegiatan pengecekan langsung di sejumlah perbatasan wilayah itu.

"Ini kami lakukan untuk menjamin kepuasan masyarakat akan pelayanan kepolisian, serta mengantisipasi adanya praktek-praktek yang menjurus pada tindakan melawan hukum seperti pungutan liar,” jelasnya.

Kapolres juga menjamin akan melakukan tindakan tegas apabila ada anggota yang coba-coba meminta atau menerima pemberian dalam bentuk apapun terkait dengan pelayanan kepolisian yang diperuntukan bagi masyarakat.

"Saya sudah tegaskan kepada seluruh anggota, agar menghindari praktek-praktek yang tidak sesuai prosedur, yang bisa merugikan diri sendiri maupun institusi Polri," katanya tegas.

Kapolres mengaku akan menindak tegas siapapun yang berani coba-coba melakukan pungli terhadap sopir. Siapa saja akan saya tindak tegas bila kedapatan ada pungli. Alhamdullilah sampai pada hari ini situasi tetap kondusif, ujarnya.