Jakarta (antarasulteng.com) - Tablet menjadi pilihan gadget idaman bagi konsumen Indonesia berdasarkan jawaban 219 responden asal Indonesia yang berpartisipasi dalam survei online terbaru Microsoft.
Survei yang dilakukan sepanjang akhir tahun 2013 melibatkan lebih dari 1.300 responden di berbagai kawasan di Asia Pasifik dilakukan untuk memahami gaya hidup digital para konsumen dan pola belanja IT mereka di akhir tahun.
Tablet (38 persen) menjadi pilihan terpopuler dari konsumen Indonesia sebagai gadget untuk bekerja dan bermain diikuti dengan noteboon dan ultrabook dengan persentase 31 persen pilihan responden.
Kepemilikan tablet di Asia Pasifik diprediksi meningkat drastis sepanjang 2014. Lembaga riset Canalys memperkirakan pangsa tablet akan mencapai 50 persen dari seluruh total pasar PC global (desktop, notebook dan tablet), dengan 285 juta unit terjual hanya di kawasan tersebut.
Survei menemukan bahwa media sosial adalah apps yang paling banyak dibuka (26 persen) sejak bangun pagi. Media sosial juga menjadi salah satu dari tiga apps paling populer yang digunakan saat di perjalanan menuju atau dari tempat kerja. Mayoritas responden (53 persen) bahkan mengaku login ke akun jejaring sosial mereka sedikitnya satu kali setiap tiga jam.
Selain media sosial, apps messaging/chatting dan musik juga menjadi pilihan saat berada di perjalanan. Sebagian responden menyatakan bersedia mengeluarkan uang untuk membeli apps jenis ini, selain game, buku dan majalah digital, yang diakui paling layak untuk dibeli.
"Tampak jelas bahwa konsumen mengandalkan apps untuk tetap terhubung dengan orang-orang atau informasi yang penting bagi mereka. Mereka bahkan bersedia membayar lebih untuk konten yang bagus, seperti ditunjukkan oleh apps yang mereka beli," kata Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia dalam siaran pers.
Saat ini lebih dari 100.000 apps telah tersedia di Windows Store dan 175.000 di Windows Phone Store terdiri dari berbagai kategori jejaring sosial, game, musik dan lain-lain. Beberapa jejaring sosial terkenal yang ikut meramaikan Store di antaranya Facebook, Flipboard, Instagram, Vine, dan Waze. Di Indonesia, Twety Four, Save the Hamsters dan Icon Pop Brand merupakan game yang paling banyak diunduh.(skd)
Berita Terkait
Ini alasan jangan beli gawai dengan harga sangat murah
Jumat, 29 Desember 2023 7:27 Wib
Samsung Galaxy S23 Ultra raih gelar "Gadget of the Year" di IGA 2023
Rabu, 15 November 2023 8:41 Wib
Orang tua harus bagi waktu anak saat bemain gadget
Selasa, 27 Juli 2021 5:38 Wib
Riset: 87 persen anak sudah bermedia sosial
Jumat, 16 April 2021 19:49 Wib
Ide mainan edukasi untuk anak di kala WFH
Kamis, 18 Februari 2021 15:07 Wib
Game, Lego dan Kpop duduki puncak dalam penelusuran anak jelang Natal
Minggu, 20 Desember 2020 17:42 Wib
Produk asuransi gadget Tokopedia naik hingga 70 kali lipat
Selasa, 24 November 2020 21:31 Wib
Waspadai gangguan penglihatan akibat radiasi gadget di era pandemi
Rabu, 11 November 2020 11:15 Wib