China: langkah India blokir aplikasi China langgar aturan WTO

id India,China,aplikasi asal China,blokir aplikasi

China: langkah India blokir aplikasi China langgar aturan WTO

Ilustrasi aplikasi TikTok (ANTARA/Arindra Meodia)

Tindakan India secara selektif dan diskriminatif menyudutkan aplikasi China tertentu dengan alasan yang ambigu dan dibuat-buat, bertentangan dengan persyaratan prosedur yang adil dan transparan, menyalahgunakan pengecualian keamanan nasional dan (dic
Jakarta (ANTARA) - China menyebut langkah India untuk memblokir 59 aplikasi seluler asal China dapat melanggar aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), dan mendesak India untuk menciptakan lingkungan bisnis yang terbuka dan adil.

"Tindakan India secara selektif dan diskriminatif menyudutkan aplikasi China tertentu dengan alasan yang ambigu dan dibuat-buat, bertentangan dengan persyaratan prosedur yang adil dan transparan, menyalahgunakan pengecualian keamanan nasional dan (dicurigai) melanggar aturan WTO," ujar juru bicara kedutaan besar China di New Delhi, Ji Rong, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Rabu.

Rong mengatakan larangan tersebut akan mempengaruhi masyarakat India, dan mendesak India untuk memperlakukan semua investasi dan penyedia layanan secara adil, serta menciptakan lingkungan bisnis yang terbuka dan adil.

Baca juga: India blokir aplikasi seluler China

India memblokir aplikasi asal China, Senin (29/6), sebagai langkah terkuatnya terhadap China di ruang online sejak pertempuran meletus di perbatasan kedua negara bulan ini.langkah tegas memboikot China dari ruang online sejak sengketa perbatasan meletus antara kedua negara pada Juni.

Kementerian teknologi India mengeluarkan perintah yang menyatakan aplikasi asal China "merugikan kedaulatan dan integritas India, pertahanan India, keamanan negara dan ketertiban umum."

India merupakan pendorong terbesar instalasi aplikasi TikTok, terhitung 611 juta unduhan atau 30,3 persen dari total jumlah unduhan, kata perusahaan analisis aplikasi Sensor Tower pada bulan April.

Aplikasi lainnya yang juga telah diblokir adalah WeChat milik Tencent, yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali di Android, UC Browser milik Alibaba dan dua aplikasi Xiaomi.