Barcelona pecat pelatih Quique Setien

id Barcelona,Quique Setien

Barcelona pecat pelatih Quique Setien

Quique Setien. REUTERS/Albert Gea (REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona resmi memecat pelatih Quique Setien, tiga hari setelah klub Katalan itu dipermalukan Bayern Munich dengan skor 2-8 pada perempat final Liga Champions. "Dewan Direksi telah setuju bahwa Quique Setien tidak lagi menjadi pelatih tim pertama. Ini merupakan keputusan pertama dengan restrukturisasi tim pertama yang lebih luar yang akan disepakati antara sekretaris teknis saat ini dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang," demikian pernyataan Barca di laman resminya.

"Quique Setien datang ke Barca sebagai pelatih pada 13 Januari tahun ini. Selama tujuh bulan ia melatih tim pertama dalam 25 pertandingan, 19 di liga, tiga di Liga Champions, dan tiga di Piala Raja. Hasilnya adalah 16 kemenangan, empat kali imbang, dan lima kekalahan," tambahnya.

Di Liga Spanyol musim ini, Barca hanya finis di peringkat kedua. Mereka tertinggal lima poin dari tim juara Real Madrid.

Disingkirkannya Barca oleh juara Liga Jerman Bayern pada Jumat merupakan keempat kalinya dalam lima tahun terakhir di mana mereka tersingkir di perempat final kompetisi klub elit Eropa itu.

Setien merupakan pelatih kedua Barca yang dipecat tahun ini. Saat masuk ke Barca pada Januari, ia menggantikan Ernest Valverde yang dipecat menyusul kekalahan dari Atletico Madrid di Piala Super Spanyol meski saat itu klub Katalan itu sedang memuncaki klasemen liga.

Selain pemecatan Setien, klub juga mengumumkan bahwa mereka akan mengadakan pemilihan presiden pada Maret 2021. Presiden Barca saat ini, Josep Maria Bartomeu, sedang menjadi sorotan banyak pihak akibat kegagalan-kegagalan terkini Blaugrana.