Hadianto Rasyid ajak warga Palu tetap solid pascapilkada

id Pilkada Palu,Pilkada Sulteng,Hadianto Rasyid,Calon Walikota Palu

Hadianto Rasyid ajak warga Palu tetap solid pascapilkada

Calon wali kota Palu nomor urut 01 Hadianto Rasyid . (ANTARA/HO-Hadianto Rasyid)

Pilihan boleh berbeda tapi kita jangan terpecah belah. Tugas saya sekarang  merangkul semua warga Palu dan sama-sama membangun Palu

Palu (ANTARA) - Calon wali kota Palu nomor urut 02 Hadianto Rasyid mengajak seluruh warga di kota itu selalu solid meski berbeda pilihan pada pemilihan kepada daerah di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Hal itu ia sampaikan usai mendeklarasikan diri menang dalam Pilkada Palu setelah seluruh lembaga survey merilis hasil quick qount maupun real count yang menempatkan dirinya bersama calon wakilnya dr Reny Lamadjido pada posisi teratas dengan raihan suara terbanyak.

"Pilihan boleh berbeda tapi kita jangan terpecah belah. Tugas saya sekarang  merangkul semua warga Palu dan sama-sama membangun Palu," katanya kepada sejumlah warga, Kamis petang.

Baca juga: Penyintas bencana 2018 di Palu antusias gunakan hak pilihnya

Ia tidak ingin perbedaan pilihan di antara masyarakat menyebabkan gesekan apalagi sampai berpengaruh terhadap  pelayanan kepada masyarakat setelah dilantik.

Hadi memastikan akan melayani dan membantu seluruh warga Palu melalui visi dan misinya lima tahun ke depan, meski warga tersebut tidak memilihnya pada Pilkada 9 Desember.

"Mari kita lupakan perbedaan pilihan calon pemimpin kemarin dan sama-sama membangun dan memajukan Palu," ajaknya.

Berdasarkan hasil real count sejumlah lembaga survei dan Komisi Pemilihan Umum  (KPU), paslon calon wali kota dan wakil wali kota Palu nomor urut 02 Hadianto Rasyid-Reny Lamadjido untuk sementara berada di urutan pertama dan meraih suara terbanyak.

Berdasarkan hasil real count lembaga survey Trans Data Consulting Company, Hadianto-Reny memperoleh 39,1 persen suara, disusul urutan kedua pasangan calon nomor urut 04 Imelda Liliana-Arena JR Parampasi memperoleh 23,4 persen suara.

Baca juga: Satu warga Palu meninggal saat menunggu giliran di TPS

Di urutan ketiga pasangan calon nomor urut empat sekaligus petahana Wali Kota Palu Hidayat-Habsa Yanti Ponulele dan urutan keempat paslon nomor urut 01 Aristan-Wahyuddin memperoleh 17.0 persen suara.

Rekapitulasi tersebut berdasarkan data Formulir C.HASIL-KWK tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah dipegang dan disimpan oleh para saksi paslon. 

"Dari total 699 TPS di Kota Palu, 82,3 persen Formulir C.HASIL-KWK yang sudah ditandatangani ketua dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta para saksi paslon tiap TPS  sudah masuk hingga kemarin malam dengan tingkat partisipasi pemilih 52,8 persen ,"kata Direktur Trans Data Consulting Company Ikhsan Syarifuddin, Kamis.

Sementara berdasarkan hasil rekapitulasi sementara KPU RI yang dipublikasikan melalui laman kpu.go.id hingga Jumat, pasangan calon nomor urut 02 juga meraih suara terbanyak dengan raihan 40,5 persen suara.

Pasangan calon nomor urut 04 meraih 23,9 persen suara, paslon nomor urut 03 memperoleh 18,5 persen suara dan paslon nomor urut 01 memperoleh 17,1 persen suara.

Dari 699 TPS, 170 TPS sudah memasukkan data rekapitulasi hasil perhitungan  suara berupa Formulir C.HASIL-KWK.